10 ribuan pendaki mendaftar untuk peringati HUT RI di Bawakaraeng

10 ribuan pendaki mendaftar untuk peringati HUT RI di Bawakaraeng

Pendaki dan pencinta alam yang akan mengikuti upacara bendera untuk memperingati HUT RI pada 17 Agustus 2020 melakukan registrasi di Posko Induk Siaga Merah Putih di Lembanna, kaki Gunung Bawakaraeng, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, Minggu (16/8/2020). (HO Humas Basarnas Makassar).

Makassar (ANTARA) - Sepuluh ribuan pendaki tercatat sudah mendaftar untuk mengikuti upacara peringatan Hari Ulang Tahun ke-75 Republik Indonesia (HUT RI) di Gunung Bawakaraeng, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, pada 17 Agustus 2020.

"Data sementara yang masuk di Posko Siaga Merah Putih, telah teregistrasi sebanyak 10.620 orang, kemungkinan akan bertambah hingga sore nanti," kata Humas Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Makassar Hamsidar di Posko Lembanna, Kabupaten Gowa, Minggu.

Orang-orang yang mendaftar untuk mengikuti upacara peringatan HUT RI di Gunung Bawakaraeng, menurut dia, antara lain terdiri atas anggota komunitas pendaki, kelompok pencinta alam, dan kelompok mahasiswa pencinta alam dari dalam dan luar wilayah Sulawesi Selatan.

Peserta yang sudah mendaftar tercatat akan mengikuti upacara di puncak Gunung Bawakarang (5.919 orang), Lembah Ramma (1.602 orang), dan Lembanna, kaki Gunung Bawakaraeng (3.176 orang).

"Sekarang ini puncak Gunung Bawakaraeng dan pos lima sudah ditutup karena penuh. Alternatif titik lain yakni di Pinus Lembanna dan Lembah Ramma," kata Hamsidar.

Basarnas Makassar melalui program Siaga Merah Putih telah mendirikan posko dan menyiagakan relawan untuk memantau pergerakan pendaki.

"Siaga Merah Putih ini adalah gelaran tahunan. Karena setiap tahun kian banyak pendaki yang memadati Gunung Bawakaraeng untuk merayakan HUT Kemerdekaan," kata Kepala Seksi Operasi dan Siaga Basarnas Makassar, Muh Rizal.
 
Pendaki dan pencinta alam yang akan mengikuti upacara bendera pada 17 Agustus 2020 diperiksa suhu tubuhnya saat melintas di Posko Induk Siaga Merah Putih di Lembanna, kaki Gunung Bawakaraeng, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, Minggu (16/8/2020). FOTO/HO/Humas Basarnas.


Basarnas Makassar mulai dari 14 sampai 18 Agustus 2020 menyiagakan petugas di Posko Induk di Lembanna, Pos I Bawakaraeng, Pos V Bawakareng, Pos VIII Bawakaraeng, Pos Buluballea, Pos Sungai ke-3 Lembah Ramma, Pos Ramma, dan Pos Puncak.

Muh Rizal menegaskan bahwa seluruh peserta acara peringatan HUT RI di Gunung Bawakaraeng diwajibkan menjalankan protokol kesehatan untuk menghindari penularan COVID-19.

"Diharuskan mengenakan masker dan membawa peralatan perlindungan diri mengingat ini masih suasana pandemi COVID-19," katanya.

Seluruh peserta upacara peringatan Hari Kemerdekaan di Gunung Bawakaraeng juga diwajibkan mendaftar di Posko Induk Lembanna untuk memudahkan pemantauan. 

Baca juga:
6.453 pendaki ikuti upacara peringatan kemerdekaan di Gunung Bawakaraeng
Jelang HUT RI, BPBD ingatkan pendaki Gunung Bawakaraeng untuk jaga kebersihan

 
Pewarta : M Darwin Fatir
Editor: Maryati
COPYRIGHT © ANTARA 2020