FPKS: HUT RI momentum tunjukkan kerja nyata wujudkan kesejahteraan

FPKS: HUT RI momentum tunjukkan kerja nyata wujudkan kesejahteraan

Ketua Fraksi PKS DPR RI Jazuli Juwaini (Istimewa)

Jakarta (ANTARA) - Ketua Fraksi PKS DPR RI Jazuli Juwaini mengatakan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) ke-75 merupakan momentum untuk semakin mensyukuri nikmat kemerdekaan dengan kerja nyata untuk bangsa mewujudkan kesejahteraan rakyat apalagi di tengah pandemik dan ancaman resesi ekonomi.

"Peringatan HUT Kemerdekaan RI selalu menghadirkan kesan yang mendalam. Pesan dan kesan itu semakin kuat di tahun ini karena diselenggarakan dalam kondisi bangsa menghadapi pandemik Covid-19 dan ancaman resesi ekonomi sebagai dampaknya," kata Jazuli dalam keterangannya di Jakarta, Senin.

Dia mengatakan bangsa Indonesia meskipun menghadapi situasi yang sulit akibat pandemik, harus tetap optimistis. Hal itu menurut dia karena kondisi yang dihadapi saat ini tidak lebih sulit bahkan jauh lebih mudah dari yang dihadapi para pejuang kemerdekaan yang harus membangun bangsa yang porak poranda akibat penjajahan.

Baca juga: Makna tenun kaif NTT yang dipakai Jokowi saat upacara HUT RI

Baca juga: Try Sutrisno: Nasionalisme dan patriotisme terus dipupuk


"Modalnya adalah optimisme, kekuatan tekad, dan persatuan untuk membangun Indonesia," ujarnya.

Jazuli yang merupakan anggota Komisi I DPR RI itu menilai berbagai tantangan itu bagi semua pihak khususnya pemerintah dan pengelola negara harus benar-benar mampu membaca semangat kemerdekaan.

Dia menilai, kondisi sesulit apapun bisa dilalui dengan optimisme, tekad yang kuat, dan persatuan sehingga Pemerintah harus menghadirkan kebijakan yang menyemai modalitas bangsa tersebut, menjadi teladan dengan menunjukkan kerja nyata untuk Indonesia.

"Fraksi PKS DPR sudah banyak menyoroti dan mengkritisi kebijakan Pemerintah di masa pandemik, mulai dari tidak fokusnya penanganan, lambatnya respon, inkonsistensi kebijakan, program yang bermasalah seperti kartu prakerja, koordinasi lintas sektor, anggaran yang belum terkelola dengan baik sehingga berdampak langsung pada penyerapan anggaran yang sangat rendah padahal rakyat sudah menjerit," katanya.

Karena itu dia menilai seharusnya Pemerintah mengambil respon yang cepat, tepat, dan sistematis dengan kerja nyata untuk rakyat sehingga momentum HUT RI ini harus memacu kinerja Pemerintah sehingga Indonesia bisa keluar segera dari wabah dan dampaknya.

Selain itu, Jazuli juga mengajak seluruh masyarakat untuk terus mengambil peran dalam mengisi kemerdekaan, tidak harus di pemerintahan, tidak harus terjun ke politik, tapi juga di lapangan sosial, pendidikan, budaya hingga dunia usaha dan bisnis.

Baca juga: Puan Maharani hadir di Istana pakai Tekuluk Bai Bai dari Jambi

Baca juga: HUT RI, Wapres Ma'ruf kenakan pakaian adat melayu

Pewarta : Imam Budilaksono
Editor: Chandra Hamdani Noor
COPYRIGHT © ANTARA 2020