Aparat gabungan hentikan kendaraan di jalan umum untuk heningkan cipta

Aparat gabungan hentikan kendaraan di jalan umum untuk heningkan cipta

Petugas gabungan bersama masyarakat dan pengguna jalan mengheningkan cipta dalam rangka memperingati Kemerdekaan RI ke 75 tahun di Simpang Arion Mal, Rawamangun, Jakarta Timur, Senin (17/8/2020). (ANTARA/HO-Dishub Jaktim).

Jakarta (ANTARA) - Aparat gabungan menghentikan laju kendaraan di sejumlah persimpangan jalan umum di Jakarta Timur untuk mengajak masyarakat mengheningkan cipta sejenak mengenang jasa pahlawan, Senin pagi.

"Kita mengajak warga mengheningkan cipta sejenak dalam  rangkaian peringatan hari  Kemerdekaan RI ke-75," kata Kasi Pengendalian dan Opersional Suku Dinas Perhubungan Jakarta Timur Riky Erwinda di Jakarta.

Baca juga: Pengibaran bendera sambut HUT RI di Jakpus hanya libatkan pasukan inti

Kegiatan tersebut tampak digelar di sejumlah jalan umum di Jakarta Timur di antaranya Simpang Arion Mall, Jalan Raya Pemuda Rawamangun, dan di depan Pintu Utama Taman Mini Indonesia Indah.

Tepat pada pukul 10.17 WIB sejumlah mobil patroli petugas membunyikan sirene panjang selama tiga menit.

Sejumlah petugas membuat barisan berjarak sekitar 2 meter di median jalan dan menghentikan para pengendara yang sedang melintas.

Baca juga: Presiden Jokowi pimpin renungan suci di TMP Kalibata Jakarta

Petugas berseragam Dishub, TNI, Korpri, Polri beserta masyarakat memberikan penghormatan seraya mengheningkan cipta pada detik-detik pembacaan proklamasi kemerdekaan RI.

Riky mengatakan ritual tahunan itu dilaksanakan dengan cara berdiri tegap dan memberikan penghormatan. Bagi pengendara diperkenankan tetap berada di dalam kendaraan.

Baca juga: Upacara 17 Agustus di Balai Kota Jakarta hanya diikuti 100 peserta

Tiga menit berselang, petugas membubarkan diri dan mempersilakan pengendara untuk kembali melaju.
Pewarta : Andi Firdaus
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2020