Aceh Barat tetap gelar upacara HUT Kemerdekaan RI di tengah pandemi

Aceh Barat tetap gelar upacara HUT Kemerdekaan RI di tengah pandemi

Bupati Aceh Barat, Haji Ramli MS menyerahkan bendera merah putih kepada petugas pengibar bendera saat upacara Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke-75 tahun, yang dipusatkan di halaman Kantor Bupati Aceh Barat di Meulaboh, Senin (17/8/2020) pagi. (ANTARA/HO-Dok. Protokol dan Komunikasi Pimpinan Pemkab Aceh Barat)

Meulaboh (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Aceh Barat tetap menggelar upacara memperingati Hari Ulang Tahun Ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia di tengah pandemik COVID-19, yang dipusatkan di halaman kantor bupati setempat di Meulaboh, Senin.

Bertindak sebagai inspektur upacara Bupati Aceh Barat, Haji Ramli MS dan dihadiri oleh unsur Forkompimda, masyarakat, ASN, TNI, Polri serta komponen pemuda, perempuan dan mahasiswa.

"Peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ini kita laksanakan sebagai wujud kecintaan terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia," kata Bupati Aceh Barat, Haji Ramli MS.

Baca juga: Puluhan sepeda onthel di Medan meriahkan pawai HUT ke 75 RI

Baca juga: Anggota DPR: HUT Ke-75 RI momentum tingkatkan kinerja hukum


Menurut dia, meski perayaan hari kemerdekaan pada tahun ini dilaksanakan dengan peserta terbatas, namun antusias masyarakat yang memperingati hari kemerdekaan di daerah itu sangat tinggi.

Di antaranya seperti mengikuti upacara secara virtual, mengibarkan bendera merah putih, serta memasang umbul-umbul dengan nuansa merah putih.
Pengibaran bendera merah putih saat upacara Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke-75 tahun, yang dipusatkan di halaman Kantor Bupati Aceh Barat di Meulaboh, Senin (17/8/2020) pagi. (ANTARA/HO-Dok. Protokol dan Komunikasi Pimpinan Pemkab Aceh Barat)

Ramli MS menuturkan, meski pandemik COVID-19 masih melanda Tanah Air, ia memastikan semangat masyarakat Aceh Barat untuk memperingati hari kemerdekaan masih sangat tinggi.

Bahkan di pusat kecamatan, upacara pengibaran bendera tetap dilakukan meski dengan protokol kesehatan anjuran pemerintah.

"Upacara bendera yang kita laksanakan pada hari ini, merupakan sebuah semangat demi negara dan bangsa, sekaligus menghargai jasa para pahlawan yang telah gugur merebut kemerdekaan," ujar Ramli MS menuturkan.

Baca juga: Jajaran Pemkot Jakbar selenggarakan upacara HUT RI secara sederhana
Bupati Aceh Barat, Haji Ramli MS menyerahkan piagam penghargaan Satya Lencana kepada Kepala Bagian Hukum Setdakab Aceh Barat, Mawardi yang dikaryakan ke Pemkab Aceh Barat saat saat upacara Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke-75 tahun, yang dipusatkan di halaman Kantor Bupati Aceh Barat di Meulaboh, Senin (17/8/2020) pagi. (ANTARA/HO-Dok. Protokol dan Komunikasi Pimpinan Pemkab Aceh Barat)


Dalam upacara tersebut, Bupati Aceh Barat, Ramli MS juga memberikan penghargaan kepada sejumlah aparatur pemerintah berupa Satya Lencana bagi ASN yang telah mengabdi selama 20-30 tahun mengabdi.
Pewarta : Teuku Dedi Iskandar
Editor: Chandra Hamdani Noor
COPYRIGHT © ANTARA 2020