Pekanbaru (ANTARA) - Sejumlah personel Manggala Agni Pekanbaru dan TNI yang tergabung dalam satuan tugas penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) melaksanakan upacara peringatan Hari Ulang Tahun ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia (HUT RI) di sela kegiatan pemadaman kebakaran pada Senin.

Dengan seragam yang sudah kotor kena keringat dan debu setelah berjibaku memadamkan karhutla, mereka meluangkan waktu untuk memperingati Hari Kemerdekaan, menghormat pada Bendera Merah Putih yang dikibarkan pada sebatang kayu.

Bau asap akibat kebakaran lahan di Kelurahan Air Hitam, Kecamatan Payung Sekaki, Kota Pekanbaru, masih menyengat saat anggota Manggala Agni dan TNI menggelar upacara peringatan HUT RI.

Kepala Manggala Agni Daerah Operasi Pekanbaru Edwin Putra kepada ANTARA mengatakan bahwa anggotanya berjibaku memadamkan api yang membakar setidaknya satu setengah hektare lahan di daerah itu sejak Minggu (16/7).

"Jadi tadi pagi sebelum upacara teman-teman kita ini telah berjibaku memadamkan api. Kemudian saat tepat Detik-detik Proklamasi, pemadaman dihentikan sebentar untuk upacara sederhana," katanya.

Setelah upacara selesai, Edwin mengatakan, para petugas kembali menyalakan mesin penyedot air dan mengangkat selang untuk melanjutkan upaya pemadaman.

"Alhamdulillah kondisi titik api di sana sudah berhasil dikendalikan. Hanya saja masih menyisakan asap dan kita terus lakukan pendinginan," katanya.

Baca juga:
Warga pesisir Tanjungpinang peringati HUT RI di kelong
Penggemar sepeda gunung Lombok gelar upacara HUT RI di bukit

Pewarta: Anggi Romadhoni
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2020