Makna kemerdekaan bagi Emilia Nova

Makna kemerdekaan bagi Emilia Nova

Pelari Indonesia Emilia Nova menjadi yang tercepat pada Lomba Lari Gawang 100 Meter Putri untuk meraih medali emas,, tetapi belum cukup untuk menahan Indonesia di posisi dua dalam perolehan medali SEA Games 2019. ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana/ama. (Ant)

Jakarta (ANTARA) - Pelari gawang Emilia Nova memaknai kemerdekaan sebagai sebuah perjuangan untuk mengibarkan bendera merah putih di negeri orang serta membuat seluruh rakyat Indonesia berbangga dengan negaranya sendiri.

“Makna merdeka buat saya adalah kebebasan yang diraih dari sebuah perjuangan dan pengorbanan untuk mengibarkan bendera merah putih di negara orang karena itu tidak mudah,” kata perempuan yang akrab disapa Emil itu saat dihubungi Antara di Jakarta, Senin.

Peraih medali perak Asian Games 2018 itu mengatakan bahwa momen perayaan HUT kemerdekaan ke-75 RI memang berbeda karena di saat bersamaan seluruh rakyat Indonesia harus berjuang melawan pandemi COVID-19.

Baca juga: Eko Yuli: Tunjangan hari tua bagi atlet belum tercapai di HUT ke-75 RI

Sebagai atlet, dirinya juga harus absen lama dari berbagai kejuaraan internasional mengingat seluruh kejuaraan sudah ditunda maupun dibatalkan. Tak ada kesempatan bagi Emil untuk membuktikan diri ataupun menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya di negeri orang pada tahun ini.

Meski begitu, ia mengaku kekosongan jadwal kejuaraan adalah kesempatan bagi dia untuk mempersiapkan diri dan latihan secara maksimal untuk persiapan di kejuaraan di masa mendatang. Apalagi Emil juga menjadi salah satu atlet yang diproyeksikan lolos kualifikasi Olimpiade Tokyo.

“Harapannya agar saya sehat terus dan bisa latihan maksimal dan bisa terus mengibarkan bendera merah putih dan mengumandangkan Indonesia Raya di kancah internasional,” kata Emil.

“Saya juga berharap bisa membuat seluruh masyarakat Indonesia bangga dengan Indonesia,” ujarnya.

Baca juga: Klub-klub Eropa ucapkan selamat HUT Kemerdekaan RI ke-75

Pewarta : Shofi Ayudiana
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2020