Presiden pimpin upacara penurunan bendera Merah Putih

Presiden pimpin upacara penurunan bendera Merah Putih

Para petugas bersiap Turunkan Bendera Merah Putih di Istana Merdeka. (ANTARA/Biro Pers Setpres)

Jakarta (ANTARA) - Presiden RI Joko Widodo memimpin upacara penurunan bendera Merah Putih di Istana Merdeka, Jakarta, Senin petang.

Upacara penurunan bendera Merah Putih dimulai sejak pukul 17.00 WIB.

Jika pada saat upacara penaikan bendera Merah Putih Presiden mengenakan pakaian adat dari NTT, kali ini Presiden Joko Widodo selaku inspektur upacara mengenakan setelan jas. Begitu juga dengan Wakil Presiden RI Ma"ruf Amin.

Bertindak selaku Komandan Upacara dalam penurunan bendera Merah Putih ialah Kombes Pol. Christ Reinhard Pusung, sementara bertindak selaku Perwira Upacara yakni Brigadir Jenderal TNI Syafruddin.

Baca juga: Makna baju adat Timor Tengah Selatan yang dipakai Presiden Jokowi

Baca juga: Pimpin upacara HUT RI, Presiden kenakan baju adat Timor Tengah Selatan


Bertugas dalam tim penurunan sang Merah Putih yakni tiga putra/putri terbaik yang tergabung dalam Tim Merauke.

Mereka yakni Sylvia Kartika Putri dari Provinsi Sumatera Utara dipercaya sebagai pembawa bendera Merah Putih setelah diturunkan. Saat ini, dara kelahiran Pematang Siantar, 19 Agustus 2003 ini menempuh pendidikan di SMA Swasta Kartika 1-4 Pematang Siantar.

Dua orang lainnya dari tim Merauke adalah Sudrajat Prawijaya dari Provinsi Bengkulu yang bertugas sebagai komandan kelompok sekaligus pembentang bendera dan Muhammad Asri Maulana dari Provinsi Kalimantan Selatan yang bertugas sebagai pengerek bendera.

Upacara penurunan sang Merah Putih dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan dengan mengenakan masker dan menjaga jarak.

Tamu undangan yang hadir dibatasi bagi pejabat atau pihak yang bertugas dalam upacara. Sementara tokoh nasional dan pejabat negara serta tamu undangan dan masyarakat lain menyaksikan secara virtual, namun tetap khidmat.

Baca juga: Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi berlangsung khidmat
Pewarta : Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Chandra Hamdani Noor
COPYRIGHT © ANTARA 2020