Penyelam wanita di Raja Ampat kibarkan bendera di bawah laut

Penyelam wanita di Raja Ampat kibarkan bendera di bawah laut

Penyelam wanita Raja Ampat saat mengibarkan bendera merah putih di bawah laut Kampung Wisata Arborek, Senin (17/8) (ANTARA/HO/ penyelam wanita Raja Ampat)

Sorong (ANTARA) - Penyelam wanita yang tergabung dalam Molo Ombin Raja Ampat bersama wanita kampung wisata Arborek, Papua Barat mengibarkan bendera Merah Putih di bawah laut dalam rangka memperingati HUT ke-75 RI tahun 2020, Senin.

"Pengibaran bendera Merah Putih di bawah laut kampung wisata Arborek tersebut diikuti 85 persen penyelam wanita yang didukung tim Discovery Scuba Diving," kata Githa Anathasia selaku panitia pelaksana kegiatan yang juga owner Arborek Dive Shop salah satu usaha lokal di kampung wisata Arborek.

Githa mengatakan bahwa kegiatan pengibaran bendera di bawah laut ini bukan baru pertama kali dilakukan tapi rutin dan sudah empat tahun berturut turut dilakukan.

Baca juga: Bendera berukuran besar dibentangkan di Situ Gede Tasikmalaya

Menurut dia, tujuan kegiatan tersebut guna menumbuhkan rasa kecintaan dan kebanggaan masyarakat kampung wisata Arborek terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia. Sekaligus mempromosikan protokol kesehatan cara berwisata baru di masa new normal pariwisata Raja Ampat dalam rangka pencegahan COVID-19.

Dikatakan bahwa tidak hanya pengibaran bendera merah putih di bawah laut saja, masyarakat kampung Arborek juga melakukan berbagai lomba guna memeriahkan peringatan HUT Kemerdekaan Indonesia.

"Lomba yang diadakan antara lain bola voli, karaoke anak, sepakbola, karaoke orang dewasa, baca puisi dengan bahasa Inggris, serta launching new norma pariwisata di kampung wisata Arborek," ujarnya.

Baca juga: Mahasiswa Untidar kibarkan bendera ukuran besar di Jembatan Blondo

Selain itu, kata dia, dalam menyambut HUT Kemerdekaan Indonesia panitia bersama stakeholder terkait juga menggelar edukasi pemberantasan dan pencegahan bintang laut berduri yang merupakan hama terumbu karang.

"Kegiatan HUT Kemerdekaan RI di kampung Arborek mendapat dukungan bagi berbagai pihak seperti organisasi lingkungan dan penggiat pariwisata yakni Conservation International, Yayasan Econusa, BLUD, Dinas Pariwisata Raja Ampat, Bank Papua,Yayasan Kitong Bisa, dan beberapa pihak swasta seperti SIP, Toko Sima Jaya Waisai hingga Toko Surya 88," tambah Githa.

Baca juga: Charlene Junus terharu masker buatannya dipakai Wakil Presiden
Baca juga: HUT ke-75 RI, Menaker ajak wujudkan Indonesia jadi negara terbaik
Baca juga: Round up - Peringatan HUT RI di tengah pandemi berlangsung khidmat
Pewarta : Ernes Broning Kakisina
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2020