Kepadatan kendaraan di jalan Tol Jakarta arah Jakarta juga dipicu adanya kendaraan truk yang mogok di Kilometer 53 arah Jakarta
Karawang (ANTARA) - Petugas melakukan rekayasa lalu lintas contraflow di jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta sepanjang 15 kilometer untuk mengantisipasi kepadatan arus balik libur panjang 17 Agustusan.

Kepala Departemen Komunikasi dan Pemasaran Jasamarga Transjawa Tollroad Regional Division, Corry Annelia Poundti, dalam siaran pers yang diterima di Kabupaten Karawang, Minggu, mengatakan, contraflow diterapkan karena arus lalu lintas dari arah Cikampek menuju Jakarta cukup padat.

Rekayasa lalu lintas contraflow diterapkan pada Minggu sore, mulai dari Kilometer 61 jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta hingga Kilometer 47.

Dengan diberlakukannya contraflow diharapkan dapat mencairkan kepadatan akibat adanya kendaraan keluar dan masuk kendaraan di rest area Kilometer 52 arah Jakarta.

Pada Minggu sore ini, kepadatan kendaraan di jalan Tol Jakarta arah Jakarta juga dipicu adanya kendaraan truk yang mogok di Kilometer 53 arah Jakarta yang dalam proses penanganan petugas.

Menurut dia, pemberlakuan contraflow merupakan diskresi pihak kepolisian. Pihak Jasa Marga hanya melakukan dukungan untuk kelancaran contraflow. Jadi Jasa Marga menyiagakan petugas dan penyiapan rambu-rambu.

Sesuai dengan pantauan di lapangan, arus lalu lintas di jalan Tol Jakarta Cikampek sepanjang Minggu siang hingga sore didominasi kendaraan pribadi. 

Baca juga: Kepadatan jalan tol Jakarta-Cikampek dipicu titik jelang "rest area"
Baca juga: Contraflow tol Jakarta-Cikampek diperpanjang karena lalu lintas padat

Pewarta: M.Ali Khumaini
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2020