Jakarta (ANTARA) - Terdapat beberapa berita hukum kemarin (Senin, 17/8) yang menjadi perhatian pembaca dan masih menarik untuk dibaca, ribuan napi lapas di Banten siap jadi relawan vaksin COVID-19 hingga jaksa penuntut umum (JPU) kasus penyiraman air keras terhadap Novel Baswedan, Robertino Fedrik Adhar Syaripuddin, meninggal dunia.

Berikut sejumlah berita hukum kemarin yang masih menarik untuk dibaca hari ini:

1. 1.039 napi Lapas di Banten nyatakan siap jadi relawan vaksin COVID-19

Sebanyak 1.039 warga binaan atau narapidana di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) di Banten menyatakan siap menjadi relawan vaksin COVID-19.

Kesiapan tersebut disampaikan perwakilan warga binaan dengan menandatangani surat pernyataan di hadapan Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy pada acara penyerahan remisi umum narapidana dalam rangka peringatan HUT ke-75 RI di Lapas Kelas II A Cilegon, Senin.

Selengkapnya di sini


2. Sebanyak 119.175 narapidana terima remisi HUT Ke-75 Republik Indonesia

Sebanyak 119.175 narapidana dan anak yang tersebar di seIuruh Indonesia menerima Remisi Umum (RU) tahun 2020 pada peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Ke-75 Republik Indonesia.

Sebanyak 1.438 narapidana di antaranya dapat langsung menghirup udara bebas setelah menerima RU ll, sedangkan 117.737 narapidana Iainnya menerima pengurangan masa hukuman atau RU I yang besarannya bervariasi mulai dari 1 bulan hingga 6 bulan.

Selengkapnya di sini


3. Pentas musik di Wapitt dibubarkan, langgar protokol kesehatan

Pentas musik di objek wisata Wapitt, Desa Tegalrejo, Ngadirejo, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah dihentikan sebelum selesai kegiatan, karena melanggar protokol kesehatan dan tidak memiliki izin, kata Kapolres Temanggung AKBP Muhamad Ali.

Menurut Ali, di Temanggung, Senin, mengatakan petugas datang langsung ke lokasi, karena mengatakan petugas datang langsung ke lokasi, karena kondisinya sudah tidak mematuhi protokol kesehatan maka kegiatan musik di lokasi wisata itu langsung dibubarkan.

Selengkapnya di sini


4. Polisi nyatakan situasi Jayapura kondusif saat HUT RI

Pejabat Kepolisian Resor Kota (Polresta) Jayapura Kota menyatakan situasi dan kondisi di ibu kota Provinsi Papua, Jayapura, kondusif di tengah perayaan dan peringatan HUT ke-75 Kemerdekaan RI.

"Alhamdulilah, Puji Tuhan, wilayah Jayapura sejak pagi dan bahkan dari kemarin hingga sore ini, secara umum relatif kondusif tidak terjadi hal-hal menonjol, tidak ada gangguan kamtibmas," kata Kabag Ops Polresta Jayapura Kota, Komisaris Polisi Nursalam Saka, di Jayapura, Senin.

Selengkapnya di sini


5. Jaksa kasus penyiraman air keras Novel Baswedan meninggal dunia

Jaksa penuntut umum (JPU) dalam kasus penyiraman air keras terhadap penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Novel Baswedan, yaitu Robertino Fedrik Adhar Syaripuddin, meninggal dunia.

"Innalillahi wainailaihi rojiun. Telah berpulang ke rahmatullah saudara kita Robertino Fedrik Adhar Syaripuddin, SH. MH. Kasubsi Penuntutan Kejaksaan Negeri Jakarta Utara," ujar Kepala Kejaksaan Negeri (Kejari) Jakarta Utara, I Made Sudarmawan di Jakarta, Senin.

Selengkapnya di sini

Pewarta: Zuhdiar Laeis
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2020