"Bangga Buatan Indonesia" warnai perayaan HUT ke-75 RI di timur Afrika

Duta Besar Republik Indonesia untuk Tanzania, Burundi, Rwanda, dan Uni Komoro, Ratlan Pardede (kanan), menyerahkan tumpeng pada acara peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-75 di Wisma Duta Besar, Kota Dar es Salaam, Tanzania, Senin (17/8/2020). (ANTARA/HO-KBRI Dar es Salaam)

Jakarta (ANTARA) - Slogan "Bangga Buatan Indonesia" menjadi salah satu pesan yang mewarnai upacara peringatan hari ulang tahun ke-75 Republik Indonesia  di Wisma Duta Besar RI, Dar es Salaam, Tanzania, negara di pesisir timur Afrika.

Duta Besar Republik Indonesia untuk Tanzania, Burundi, Rwanda, dan Uni Komoro, Ratlan Pardede, dalam sambutannya mengajak warga Indonesia untuk mencintai dan bangga terhadap produk buatan tanah air.

"Sebagai sesama WNI, saya mengajak teman-teman semua untuk lebih mengutamakan produk-produk Indonesia. Bangga dan cintai produk Indonesia," kata Dubes Ratlan pada upacara peringatan kemerdekaan RI, Senin (17/8), sebagaimana dikutip dari pernyataan tertulis Kedutaan Besar RI Dar es Salaam yang diterima di Jakarta, Selasa.

Dalam kesempatan itu, Dubes Ratlan menyampaikan beberapa pencapaian yang telah dilakukan KBRI Dar es Salaam demi menguatkan kerja sama dagang dan masyarakat (people-to-people contact) antara Indonesia dan negara-negara di pesisir timur Afrika.

Kerja sama dagang dan investasi yang telah disepakati dua pihak, antara lain, pembangunan liquid port terminal di Zanzibar, Tanzania, oleh salah satu perusahaan konstruksi milik negara, PT WIKA; pembangunan pabrik minyak cengkeh oleh PT Indesso; serta pembangunan pabrik sabun, body lotion, dan sentra pengolahan rumput laut.

Di samping itu, KBRI Dar es Salaam turut menyebutkan sejauh ini ada sekitar 52 produk Indonesia yang telah memasuki pasar Tanzania. "Guna mendukung program pembangunan nasional, salah satu program KBRI Dar es Salaam terus berupaya untuk meningkatkan nilai ekspor Indonesia ke negara akreditasi," kata Dubes Ratlan sebagaimana dikutip dari siaran tertulis KBRI Dar es Salaam.

KBRI Dar es Salaam menggelar secara langsung upacara peringatan hari kemerdekaan Republik Indonesia bersama komunitas warga negara Indonesia setempat dan sejumlah pelajar di Tanzania yang mengikuti kursus Bahasa Indonesia.

Pihak kedutaan memutuskan menggelar upacara peringatan secara langsung karena sejak 20 Juli 2020, Presiden Tanzania John Pombe Magufuli telah menyatakan negaranya bebas dari kasus baru COVID-19. Walaupun demikian, acara peringatan yang digelar dari 15-17 Agustus di lingkungan KBRI Dar es Salaam dan Wisma Duta Besar digelar dengan menerapkan aturan jaga jarak serta protokol kesehatan.

Di samping upacara bendera, peringatan hari kemerdekaan RI di Tanzania juga diisi dengan pemotongan tumpeng, acara kesenian, pemutaran kaleidoskop tiga tahun masa dinas Dubes RI, penyerahan sertifikat untuk peserta kursus Bahasa Indonesia, pembagian hadiah pertandingan, dan ramah tamah bersama komunitas warga Indonesia di negara Afrika wilayah timur tersebut.

Pertunjukan seni yang ditampilkan pada peringatan HUT  ke-75 RI di Tanzania, antara lain pagelaran tari nusantara serta paduan suara lagu tradisional "Manuk Dadali" yang dinyanyikan oleh para peserta kursus Bahasa Indonesia.

"Bagi para perantau Indonesa di luar negeri, momen perayaan hari kemerdekaan RI jadi salah satu momen spesial tiap tahun yang dapat mengobati rasa rindu terhadap tanah air," sebut KBRI Dar es Salaam lewat siaran tertulisnya.
Pewarta : Genta Tenri Mawangi
Editor: Mulyo Sunyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2020