warga yang belum sensus akan didata pada September
Bandarlampung (ANTARA) - Pemerintah Kota Bandarlampung mendapatkan penghargaan sebagai "Kota Terbaik Sensus Penduduk Online" dari Badan Pusat Statistik (BPS) Pusat sebab melebihi target yang ditetapkan.

"Kami tentunya berterima kasih kepada Pemkot Bandarlampung karena telah menyelesaikan sensus penduduk online dengan angka 33 persen melebih target 22 persen yang telah ditetapkan oleh pusat," kata Kepala BPS Provinsi Lampung Faizal Anwar, di Bandarlampung, Selasa.

Namun, ia juga mengatakan bahwa sensus penduduk ini belum lah selesai dan akan dilanjutkan pada September 2020 secara langsung dari pintu ke pintu warga sehingga memang diperlukan dukungan kembali dari Pemkot untuk mensukseskannya.

"Ini kan baru 33 persen yang telah melakukan sensus melalui online jadi untuk warga yang belum sensus akan didata pada September dan kami butuh dukungan dari pemerintah agar semuanya dapat melakukan sensus tanpa terkecuali," jelasnya.

Menurut dia pada sensus penduduk secara langsung ini pastinya akan ada sedikit masalah sebab sedang dalam masalah pandemi COVID-19 sehingga dibutuhkan pula kesadaran masyarakat untuk dapat merespon dengan baik dengan memberikan data-data mereka dengan benar kepada petugas.

Baca juga: Padang terima penghargaan daerah terbanyak ikut SP 2020 secara daring

Baca juga: Tingkat respon masyarakat Jateng pada Sensus Penduduk 2020 tertinggi


"Tentunya petugas kami nanti akan dilengkapi dengan tanda pengenal, dan Alat Pelindung Diri (APD) dan akan dilakukan tes cepat dulu sehingga benar-benar aman dalam menjalankan tugas," kata dia.

Dia berharap, pada pelaksanaan sensus penduduk secara langsung ini jangan sampai ada satu orang pun di Bandarlampung yang tidak terdata karena dari situ akan didapatkan data utuh berapa jumlah warga yang ber KTP Kota Bandarlampung dan bukan serta berapa yang sudah memilki KTP dan belum.

"Karena dari data-data itu nantinya pemerintah akan membuat kebijakan, jadi jangan pula menyalahkan pemerintah ketika kebijakan tersebut tidak sesuai dengan yang diinginkan sebab masyarakat tidak ikut berpartisipasi," kata dia.

Sementara itu, Wali Kota Bandarlampung Herman HN, mengucapkan terima kasih kepada masyarakat karena telah mensukseskan sensus penduduk secara online sehingga mendapatkan penghargaan kota dengan capaian sensus penduduk online melebihi capaian target yang ditetapkan pusat.

"Tugas kita belum selesai jadi saya minta kepada camat, lurah dan kepala lingkungan dan warga Bandarlampung untuk kembali mensukseskan sensus penduduk secara langsung pada September ini," kata dia.

Dia pun meminta kepada warga untuk dapat menerima dan menjawab pertanyaan petugas sensus penduduk demi data kependudukan Kota Bandarlampung yang lebih baik lagi.

Baca juga: Denpasar raih penghargaan nasional BPS atas sukses pelaksanaan SP

Baca juga: Kaltara sabet terbaik regional Kalimantan sensus penduduk daring

Pewarta: Dian Hadiyatna
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2020