KBRI Phnom Penh gelar upacara di gedung baru, taati protokol kesehatan

KBRI Phnom Penh gelar upacara di gedung baru, taati protokol kesehatan

Suasana upacara peringatan ke-75 Proklamasi RI di KBRI Phnom Penh. (ANTARA/HO-KBRI Phnom Penh)

Jakarta (ANTARA) - Kedutaan Besar RI di Kamboja menggelar upacara peringatan ke-75 Proklamasi RI di gedung baru kantor KBRI Phnom Penh yang dihadiri warga negara Indonesia yang berada di negara tersebut dengan menerapkan protokol kesehatan yang berlaku.

Dalam keterangan tertulis KBRI Phnom Penh yang diterima di Jakarta, Selasa, pihak KBRI tetap menjaga tata tertib sesuai dengan protokol kesehatan dengan peserta upacara diwajibkan melakukan pendaftaran terlebih dahulu untuk dapat hadir, dan pada ketibaan di area KBRI mereka diwajibkan melakukan cek suhu badan dan menjaga jarak barisan.

“Upacara dihadiri oleh lebih dari 100 peserta yang tidak hanya WNI dari Phnom Penh dan luar kota, melainkan juga dari diaspora Indonesia, Pasukan Pengamanan Perdana Menteri, Pasukan Khusus 911, dan Kepolisian Kamboja,” demikian KBRI Phnom Penh.

Baca juga: KBRI Gelar Promosi Terpadu Akhir Tahun dalam Festival Laut di Kamboja
Baca juga: Muda-mudi Kamboja nobar film Indonesia

Upacara diselenggarakan di Gedung baru KBRI yang terletak di taman Raja Noorodom Sihanouk, bersebelahan dengan patung Sihanouk, yang menjadi sahabat seperjuangan dengan Presiden pertama RI  Ir. Soekarno pada masanya.

Usai upacara yang diliput langsung oleh media setempat itu, para tamu diajak untuk melihat Gedung baru KBRI sekaligus sosialisasi layanan kekonsuleran KBRI Phnom Penh.

"Jangan sungkan-sungkan untuk mampir di sini. KBRI ini merupakan rumah kita bersama," kata Duta Besar RI untuk Kamboja, Sudirman Haseng, kepada para warga.

Sosialisai layanan kekonsuleran disampaikan oleh Sekretaris Pertama Fungsi Konsuler dan Pensosbud, Hermawan Janu Wibowo, dengan memperkenalkan SIJABRI (Sistim Janji Temu KBRI) dan acara ditutup dengan menyaksikan bersama Upacara Kemerdekaan RI langsung dari Istana Negara.

Pada hari Minggu (16/8), KBRI Phnom Penh menyelenggarakan kegiatan fun bike yang diikuti oleh para WNI, dengan mengusung tema ‘Kayuh Kemerdekaan’.

“Kegiatan fun bike bersama ini adalah murni partisipasi dari masyarakat kita, selain untuk memeriahkan perayaan ulang tahun Kemerdekaan RI, sekaligus juga untuk mempererat persaudaraan warga Indonesia. Tentu saja, juga untuk menjaga agar badan tetap bugar di tengah pandemi COVID-19 ini,” kata Dubes Sudirman yang turut mengikuti acara tersebut.

Acara fun bike itu didukung oleh salah satu perusahaan farmasi Indonesia di Kamboja, Kalbe International, serta komunitas sepeda masyarakat Indonesia yakni Phnom Penh Ride.

Baca juga: Kerja sama Perdagangan dan Pariwisata RI-Kamboja catat peningkatan
Baca juga: KBRI promosikan budaya Indonesia di Kamboja

Pewarta : Aria Cindyara
Editor: Mulyo Sunyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2020