Fachrul Razi apresiasi kepemimpinan Teras Narang di Komite I DPD RI

Fachrul Razi apresiasi kepemimpinan Teras Narang di Komite I DPD RI

Ketua Komite I DPD RI Fachrul Razi bersama Wakil Ketua II DPD RI Nono Sampono usai pemilihan pimpinan Komite I DPD RI di Kompleks Parlemen RI, Senayan, Jakarta, Rabu (19/8/2020). (ANTARA/ HO)

Jakarta (ANTARA) - Ketua Komite I DPD RI masa sidang 2020-2021 Fachrul Razi mengapresiasi kepemimpinan Agustin Teras Narang selama menjabat sebagai Ketua Komite I DPD RI periode 2019-2020.

"Saya mengapresiasi Pak Teras Narang yang merupakan Ketua Komite I sebelumnya. Beliau tidak hanya berhasil memimpin Komite I, tetapi juga melakukan kaderisasi yang luar biasa," ujar Fachrul dalam rilis yang diterima di Jakarta, Rabu.

Fachrul berkomitmen untuk melanjutkan perjuangan Teras Narang yang kini menjabat sebagai Ketua Badan Kehormatan DPD RI masa sidang 2020-2021.

"Kami berkomitmen memperjuangkan daerah. Kita akan fight pemerintah jika ada kebijakan-kebijakan yang merugikan negara,” ujar Fachrul.

Baca juga: Fachrul Razi terpilih menjadi Ketua Komite I DPD RI 2020-2021

Sebelumnya, Fachrul merupakan Wakil Ketua I Komite I DPD RI. Ia terpilih mendampingi Teras Narang sebagai Ketua Komite I DPD RI untuk periode 2019-2020 bersama Wakil Ketua II Djakfar Alkatiri dan Wakil Ketua III Abdul Kholik

Namun, DPD RI kembali menggelar rapat pemilihan pimpinan Alat Kelengkapan Dewan (AKD) DPD RI untuk masa sidang 2020-2021.

Rapat yang dipimpin oleh Wakil Ketua DPD RI Nono Sampono itu dilakukan dengan mekanisme musyawarah dan mufakat sebelum akhirnya secara aklamasi, anggota Komite I DPD RI memilih Fachrul Razi sebagai Ketua.

Baca juga: DPD RI pilih pimpinan AKD secara dinamis dan periodik

"Alhamdulillah, ini sebagai amanah besar bagi saya untuk menakhodai Komite I DPD RI. Saya berkomitmen melanjutkan masukan-masukan daerah, khususnya terkait anggaran desa, otonomi khusus, sengketa di daerah, hukum, dan pertanahan,” ujar Fachrul yang telah menduduki jabatan Wakil Ketua Komite I DPD RI selama enam kali itu.

Fachrul mengatakan akan terus berusaha melakukan yang terbaik untuk mengangkat nama baik DPD RI dalam rangka memperjuangkan kepentingan daerah.

Fachrul akan didampingi tiga Wakil Ketua, yaitu Djakfar Alkitiri (Sulawesi Utara), Abdul Kholik (Jawa Tengah), dan Fernando Sinaga (Kalimantan Utara) yang juga terpilih melalui musyawarah dan mufakat anggota Komite I DPD RI.

Baca juga: Presiden Jokowi puji respons cepat DPD tangani persoalan daerah

Sementara itu, Teras Narang dipilih DPD RI sebagai pimpinan Alat Kelengkapan Dewan non-Komite di Badan Kehormatan DPD RI.

Narang menggantikan Leonardy Harmainy Dt Bandaro Basa yang menjadi Ketua BK DPD RI periode sebelumnya.
Pewarta : Abdu Faisal
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2020