kendaraan dari arah Cianjur menuju Cipanas terus meningkat didominasi kendaraan pribadi bernopol Bandung
Cianjur (ANTARA) - Polres Cianjur, Jawa Barat, memberlakukan sistem buka tutup arus lalu lintas menuju Cipanas-Puncak mulai dari perempatan Tugu Lampu Gentur - By Pass, Cianjur sebagai upaya mengantisipasi kemacetan di sepanjang jalur tersebut selama cuti bersama Tahun Baru Islam 1442 Hijriah.

Pantauan Antara menjelang Kamis siang volume kendaraan dari arah Cianjur menuju Cipanas terus meningkat didominasi kendaraan pribadi bernopol Bandung, sedangkan dari arah sebaliknya dari arah Bogor menuju Cipanas antrean kendaraan mulai terlihat memasuki tempat wisata di kawasan Puncak-Cipanas.

Baca juga: Rekomendasi destinasi wisata untuk "long weekend" selain puncak

Tingginya volume kendaraan menjelang siang membuat Satlantas Polres Cianjur, melakukan rekayasa lalu lintas di sejumlah titik untuk mencegah terjadinya antrean yang menyebabkan macet di sepanjang jalur tersebut. Sehingga petugas melakukan sistem buka tutup mulai dari arah Cianjur hingga kawasan Puncak-Cipanas.

Bahkan petugas mengarahkan pengendara dengan tujuan Bogor dan seterusnya untuk mengambil jalur alternatif Jonggol atau Sukabumi agar tidak terjebak macet di jalur utama Puncak. Sistem buka tutup tersebut dilakukan sesuai dengan situasi saat antrean mencair jalur kembali dibuka normal seperti biasa.

Baca juga: Meningkat, roda perkonomian sektor pariwisata Puncak-Cipanas

Kasatlantas Polres Cianjur, Meilawaty di Cianjur Kamis, mengatakan memasuki libur panjang kali ini, volume kendaraan menuju Puncak dari arah Bandung atau dari arah Puncak-Bogor, mengalami peningkatan sejak pagi hingga siang menjelang, sehingga pihaknya melakukan sejumlah rekayasa arus di beberapa titik.

"Sistem buka tutup diberlakukan mulai dari Tugu Lampu Gentur, sebagai upaya memecah antrean yang sempat terjadi menjelang siang. Sifatnya situasional, kalau sudah mencair jalur kembali dibuka normal, kalau masih terjadi antrean waktu penutupan jalur diperpanjang," katanya.

Baca juga: Hingga malam jalur menuju Cipanas-Puncak ditutup dari Cianjur

Ia membahkan seiring tingginya volume kendaraan yang melintas di Jalur Puncak, pihaknya mengimbau pengendara dengan tujuan Jabodetabek untuk mengambil jalur alternatif guna menghindari terjebak kemacetan di jalur Puncak -Cipanas.

Pewarta: Ahmad Fikri
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2020