Perayaan tahun baru Islam Kemenag Sulsel ajak perkokoh persatuan

Perayaan tahun baru Islam Kemenag Sulsel ajak perkokoh persatuan

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Selatan, H Anwar Abubakar. FOTO/HO/Dokumen Pribadi.

Makassar (ANTARA) - Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Selatan, H Anwar Abubakar, mengajak masyarakat untuk saling memperkuat persatuan dan persaudaraan di momen perayaan tahun baru Islam 1442 Hijriah sekaligus dalam rangkaian HUT Republik Indonesia ke-75 tahun.

"Tentunya kita berharap dua momen penting ini akan semakin meneguhkan persatuan dan memperkokoh rasa persaudaraan kita sebagai sesama anak bangsa demi mewujudkan Indonesia maju," kata Anwar di Makassar, Kamis.

Ia juga berpesan kepada segenap umat Muslim se-Sulsel agar tidak berlebih-lebihan merayakan tahun baru Islam, mengingat saat ini Indonesia masih diterpa wabah Coronavirus Disease atau COVID-19.

Menurut dia, tradisi memperingati tahun baru islam dengan berbagai kegiatan berbeda pada tahun sebelumnya. Perayaan lebih diekspresikan dengan mengirimkan ucapan dan untaian doa serta harapan yang hendak dicapai di tahun baru 1442 Hijriah karena kondisi wabah.

Baca juga: Akademisi: Tahun Baru Hijriah momentum perbanyak zikir

Baca juga: Pemkot Jaksel resmikan masjid berarsitektur Tionghoa


"Merayakannya tidak mesti berhura-hura. Tahun baru Islam 1 Muharram sebaiknya disambut dengan lebih mendekatkan diri kepada sang pencipta, memperbanyak zikir dan berdoa agar berbagai ujian dan cobaan seperti pandemi COVID-19 dan musibah lainnya segera berakhir," paparnya.

Tidak hanya itu, harapan bersama di tahun baru Islam ini, kata dia, ada kemajuan yang bisa tercapai, khususnya di bidang keagamaan, pendidikan serta ekonomi yang saat ini sedang mengalami penurunan akibat dampak pandemi Corona.

"Seyogianya tahun baru islam ini menjadi momentum bagi kita untuk bermuhasabah diri. Apakah sudah melakukan hijrah dan bahkan telah memantapkan hijrah dalam menjalani kehidupan sehari-hari," harapnya.

"Semoga tahun ini kualitas hidup kita semakin membaik dan menjadi titik awal bagi kita berhijrah secara batiniah, pindah dari kekufuran menuju keimanan yang kokoh dan berserah seutuhnya kepada Allah SWT," ujarnya menambahkan.*

Baca juga: Doa dan harapan selebritas di perayaan Tahun Baru Islam

Baca juga: JK: Syekh Yusuf adalah ulama sekaligus panglima perang
Pewarta : M Darwin Fatir
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2020