Pontianak (ANTARA) - Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat Harisson mengatakan saat ini terdapat tiga pejabat di lingkungan Pemprov Kalbar yang terkonfirmasi positif COVID-19.

"Kemarin ada 16 pejabat di lingkungan Pemprov Kalbar yang sedang mengikuti job fit dan open bidding. Mereka kita lakukan tes swab dan RT- PCR, terdapat 3 orang diantaranya kasus konfirmasi dan mereka semua asimtomatik atau tanpa gejala," kata Harisson di Pontianak, Selasa.

Baca juga: Wali Kota Lubuklinggau positif COVID-19 jalani perawatan di Jakarta

Saat ini, katanya, ke-16 pejabat yang mengikuti open bidding tersebut sedang di isolasi mandiri dan mendapat pengawasan ketat dari pihaknya.

"Terkait hal itu, Pak Gubernur juga sudah menginstruksikan kepada seluruh ASN di Kalbar agar tidak melakukan perjalanan ke luar daerah. Hal ini sebagai upaya meminimalisir semakin banyaknya ASN dan masyarakat dari terpapar COVID-19," kata Harisson.

Baca juga: Seorang pejabat Pemkab Jembrana tertular COVID-19

Dia menjelaskan berdasarkan hasil pemeriksaan swab di laboratorium Untan Pontianak dan TCM RSUD Soedarso tanggal 21 Agustus 2020, terdapat kasus konfirmasi baru sebanyak 33 orang.

Adapun rinciannya antara lain, Kota Pontianak 13 orang, Kabupaten Landak 12 orang, Kubu Raya 5 orang, dan masyarakat dari luar wilayah 3 orang.

Baca juga: Pejabat: Semua orang berkontribusi tangani COVID-19 bisa jadi pahlawan

Selain itu juga ada kasus konfirmasi sembuh sebanyak 5 orang yang berasal dari Kota Pontianak 3 orang dan Kubu Raya 2 orang. Sedangkan untuk kasus konfirmasi lama yang masih positif sebanyak 1 orang dan hasil negatif 152 orang.

Kemudian, sampai hari ini terdapat 533 kasus konfirmasi positif COVID-19 di Kalbar, dimana dari jumlah tersebut terdapat 429 orang yang dinyatakan sembuh dan 4 orang meninggal.

Pewarta: Rendra Oxtora
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
Copyright © ANTARA 2020