Kereta yang melewati dan berhenti di KAI Daop 3 Cirebon ada 74 dan ini untuk memenuhi keinginan para pengguna jasa
Cirebon (ANTARA) - PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 3 Cirebon, Jawa Barat, mengoperasikan 74 Kereta Api (KA) untuk melayani para pengguna jasa pada libur panjang Tahun Baru Islam 1442 Hijriah pekan ini.

"Kereta yang melewati dan berhenti di Daop 3 Cirebon ada 74 dan ini untuk memenuhi keinginan para pengguna jasa," kata Manajer Humas KAI Daop 3 Cirebon Luqman Arif di Cirebon, Sabtu.

Menurutnya, terdapat 69 KA jarak jauh dan 5 KA perkotaan yang beroperasi di wilayah Daop 3 Cirebon saat ini.

Dengan demikian, lanjut Luqman, sampai saat ini sudah 54 persen kereta yang beroperasi dari total 134 KA penumpang reguler yang melayani masyarakat di wilayah Daop 3 Cirebon.

Untuk kereta Daop 3 Cirebon sendiri sudah menjalankan lima KA Argo Cheribon dengan relasi Cirebon-Gambir pp dari total 18 KA dengan jadwal yang akan dijalankan setiap akhir pekan.

"Penambahan perjalanan KA ini merupakan upaya KAI untuk memenuhi keinginan masyarakat yang ingin menikmati libur panjang pada akhir pekan, juga untuk semakin meningkatkan minat masyarakat menggunakan moda transportasi KA," tuturnya.

Untuk memberikan kemudahan bagi pengguna jasa yang akan menggunakan KA, KAI bekerja sama dengan PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero) menyediakan layanan tes cepat COVID-19 dengan harga terjangkau di Stasiun Cirebon.

KAI, kata Luqman, tetap berkomitmen menjalankan protokol kesehatan dengan ketat dalam perjalanan seperti mensyaratkan surat keterangan bebas COVID-19.

"Wajib memakai masker, suhu tidak melebihi 37,3 derajat, dalam kondisi sehat serta mengimbau pelanggan untuk memakai pakaian lengan panjang," katanya.

Pewarta: Khaerul Izan
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2020