242 mahasiswa Unhan selesaikan Diksarmil di Akmil Magelang

242 mahasiswa Unhan selesaikan Diksarmil di Akmil Magelang

Penutupan pendidikan dasar militer (Diksarmil) Universitas Pertahanan di Akademi Militer Magelang. (ANTARA/HO - Penhumas Akmil)

Magelang (ANTARA) - Sebanyak 242 kadet mahasiswa S1 Universitas Pertahanan (Unhan) telah menyelesaikan pendidikan dasar militer (Diksarmil) di Akademi Militer (Akmil) Magelang.

Diksarmil ini secara resmi ditutup oleh Rektor Unhan Laksamana Madya TNI Dr. Amarulla Octavian, S.T., M.Sc., DESD.

Upacara penutupan Diksarmil yang berlangsung di Stadion Sapta Marga Akmil Magelang, Sabtu, dihadiri, antara lain Gubernur Akmil Brigjen TNI Totok Imam Santoso, S.I.P., S.Sos., M.Tr.(Han), para pejabat distribusi Akmil, para pejabat eselon I dan II serta para dosen Unhan.

Rektor Unhan Amarulla Octavian mengatakan Pendidikan Dasar Militer Chandradimuka secara umum bertujuan membentuk sikap perilaku, pengetahuan, dan keterampilan dasar kemiliteran serta jasmani yang prima bagi kadet mahasiswa S1 Unhan dalam upaya mengaktualisasikan nilai-nilai bela negara sebagai bagian dari komponen pendukung pertahanan negara.

Baca juga: Rektor Universitas Pertahanan kukuhkan guru besar ilmu pertahanan baru
Baca juga: Unhan bantu masyarakat terdampak pandemi COVID-19


Ia menyampaikan dalam Pendidikan Dasar Militer Chandradimuka mempunyai tujuan untuk mewujudkan kadet mahasiswa S1 Unhan yang memiliki identitas nasionalisme dan integritas loyalitas, disiplin dan jiwa korsa, memiliki keyakinan yang teguh terhadap Pancasila sebagai ideologi negara, cinta tanah air dan rela berkorban untuk bangsa dan negara.

Menurut dia sasaran kegiatan ini untuk membentuk kadet mahasiswa yang tanggap, tangguh, dan trengginas. Kadet Unhan yang melaksanakan Diksarmil di Akmil ini merupakan angkatan pertama dari program S1 di Unhan, yang merupakan program besar untuk mewujudkan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang memadukan pertahanan militer dan nonmiliter.

Ia menuturkan kegiatan ini juga mempunyai nilai strategis, karena dapat dijadikan sebagai acuan dan pedoman yang berharga, memupuk kerja sama, kepedulian dan jiwa korsa dalam menghadapi setiap kesulitan dan hambatan, berkarakter bela negara, berjiwa patriot yang merupakan kebanggaan keluarga, masyarakat, bangsa dan negara.

Gubernur Akmil Totok Imam Santoso menyampaikan selamat kepada mahasiswa Unhan yang sudah menyelesaikan tahap Diksarmil, yang akan dilanjutkan tahap berikutnya yaitu melaksanakan perkuliahan yang akan banyak menyerap ilmu pengetahuan bidang kesarjanaan masing-masing.

Usai kegiatan upacara, para kadet mahasiswa Unhan menampilkan atraksi bongkar pasang senjata dengan mata tertutup. Selanjutnya menampilkan atraksi beladiri pencak silat dengan jurus-jurus yang jitu dan mahir ditampilkan di hadapan para pelatihnya.

Kegiatan diakhiri dengan pematahan balok-balok cor semen dan baja oleh para mahasiswa Unhan. Berkenan juga Rektor Unhan Amarulla Octavian melaksanakan pematahan balok dan baja rangkap lima. 

Baca juga: Menhan Prabowo cek kesiapan Unhan membuka fakultas dan prodi baru
Baca juga: Komandan Seskoal dilantik menjadi Rektor Unhan
Pewarta : Heru Suyitno
Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2020