Karawang (ANTARA) - PT Jasa Marga (Persero) Tbk mencatat sebanyak 224.496 kendaraan meninggalkan Jakarta ke arah timur melalui Gerbang Tol Cikampek Utama dan Kalihurip Utama selama tiga hari terakhir libur panjang Tahun Baru Islam 1442 Hijriah.

Corporate Communication and Community Development Group Head PT Jasa Marga Dwimawan Heru, dalam siaran pers yang diterima di Kabupaten Karawang, Sabtu, menyampaikan, jumlah kendaraan yang meninggalkan Jakarta menuju arah Timur itu naik 46,4 persen dari lalu lintas normal.

Rinciannya, kendaraan yang meninggalkan Jakarta melalui Gerbang Tol Cikampek Utama sebanyak 115.018 kendaraan dan sebanyak 109.478 kendaraan yang melalui gerbang Tol Kalihurip Utama.

Kendaraan yang melintasi gerbang Tol Kalihurip Utama ialah kendaraan yang menuju arah Bandung menggunakan jalan Tol Cipularang.

Sedangkan kendaraan yang melintasi gerbang Tol Cikampek Utama ialah kendaraan menuju arah Cirebon melalui jalan Tol Cipali.

Dwimawan Heru menyampaikan, selain melewati arah timur, ada juga kendaraan yang meninggalkan Jakarta melalui arah barat melalui gerbang Tol Cikupa, arah selatan melalui gerbang Tol Ciawi.

Untuk kendaraan yang meninggalkan Jakarta melalui arah selatan selama libur panjang Tahun Baru Islam 1442 Hijriyah ini mencapai 111.942 kendaraan atau naik 26,1 persen dari lalu lintas normal.

Sementara kendaraan yang meninggalkan Jakarta melalui arah Barat sebanyak 125.425 kendaraan atau naik 3,8 persen dari lalu lintas normal.

Baca juga: Libur panjang akhir pekan, penumpang KA naik 44 persen

Baca juga: Libur panjang, pemerintah ingatkan warga patuh protokol cegah COVID-19

Baca juga: Kendaraan mengular di kawasan Lembang hari pertama libur panjang

 

Pewarta: M.Ali Khumaini
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2020