Sepekan, COVID-19 saat 17 Agustus hingga klasterisasi perguruan tinggi

Sepekan, COVID-19 saat 17 Agustus hingga klasterisasi perguruan tinggi

Kampus IPB Dramaga Bogor. ANTARA/HO-IPB.

Jakarta (ANTARA) - Sejumlah berita bidang humaniora menjadi perhatian banyak pembaca selama sepekan mulai dari penambahan kasus positif COVID-19 pada hari hari ulang tahun ke-75 kemerdekaan Republik Indonesia hingga klasterisasi perguruan tinggi yang menurut Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bukan pemeringkatan.

1. Kasus COVID-19 bertambah 1.821 pada hari kemerdekaan

Laporan harian COVID-19 yang dirilis Satuan Tugas Penanganan COVID-19 menunjukkan pada Senin (17/8), bertepatan dengan Hari Ulang Tahun ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia, pukul 12.00 WIB penambahan konfirmasi positif mencapai 1.821 kasus, sedangkan kasus sembuh bertambah 1.355 orang.

Dengan penambahan itu, maka total konfirmasi positif COVID-19 di Indonesia menjadi 141.370 kasus dan kasus sembuh menjadi 94.458 orang. Sementara itu, kasus meninggal dunia bertambah 57 orang sehingga total kasus meninggal akibat COVID-19 menjadi 6.207 orang.

Sedangkan hingga Sabtu (22/8) pukul 12.00 WIB, kasus positif COVID-19 keseluruhan menjadi 151.498 orang dan sembuh menjadi 105.198 orang.

2. IPB University raih peringkat pertama perguruan tinggi terbaik

IPB University meraih peringkat pertama sebagai perguruan tinggi terbaik berdasarkan pemeringkatan klasterisasi perguruan tinggi yang ditetapkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

"Ini adalah hasil kerja keras kita semua. Saya mengapresiasi seluruh civitas akademika, tenaga kependidikan dan alumni yang terus kompak dan bersungguh-sungguh dalam memajukan IPB University," kata Rektor IPB University Prof Arif Satria melalui keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Senin (17/8).

3. Tiga orang sekeluarga di Bangka positif COVID-19

Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan COVID -19 Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Boy Yandra mengatakan terdapat tiga orang anggota keluarga di daerahnya terkonfirmasi positif COVID-19.

"Tiga orang anggota keluarga yang terkonfirmasi positif COVID-19 tersebut masing-masing Jnd (40) laki-laki, dan S (38) perempuan serta Nah (11) perempuan," kata Boy Yandra di Sungailiat, Senin (17/8) melalui pesan resminya.

4. Aksi TNI bentangkan Merah Putih dari atas gedung

Dalam rangka memeriahkan hari kemerdekaan ke-75 Republik Indonesia, satu regu TNI Kodim 1006 Martapura, melakukan aksi pengibaran Bendera Merah Putih di salah satu gedung di Kalimantan Selatan.

Bendera sepanjang 100 meter dikibarkan membentang dari atas gedung hingga menutupi sebagian sisi gedung tersebut.

5. Klasterisasi perguruan tinggi bukan pemeringkatan

Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Prof Nizam menegaskan bahwa klasterisasi perguruan tinggi bukanlah sebuah kompetisi maupun pemeringkatan.

"Melainkan untuk mengelompokkan perguruan tinggi sesuai dengan level perkembangannya, dan kemudian untuk dilakukan pembinaan, " katanya dalam taklimat media secara daring di Jakarta, Senin (17/8). 
Pewarta : Dewanto Samodro
Editor: Budhi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2020