Kapolda Papua resmikan Gereja Patmos di Sarmi

Kapolda Papua resmikan Gereja Patmos di Sarmi

Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw (kaos merah) berpose besama Bupati Sarmi Edaurd Fonataba dan warga jemaat Gereja GKI Patmos di Kampung Yarsun, Distrik Bonggo, Kabupaten Sarmi, Papua, Minggu (23/08/2020) (ANTARA /HO-Humas Polda Papua)

Jayapura (ANTARA) - Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw meresmikan gedung Gereja GKI Patmos Yarsun di Kampung Yarsun, Kabupaten Sarmi, Papua, pada Minggu pagi.

"Iya, tadi pagi saya bersama Bupati Sarmi Eduard Fonataba yang dihadiri Kapolres Sarmi AKBP Hapry Lanujdun, Kepala Distrik Bonggo Fredu Sawefkoy dan Dandim 1712/Sarmi serta Wadirpolairud AKBP Michael Mumbunan serta grup The Spirit Of Papua," katanya ketika dihubungi dari Kota Jayapura, Minggu malam.

"Gereja GKI Patmos Yarsun telah selesai di renovasi oleh karena itu saya hadir di tengah-tengah warga gereja untuk meresmikannya. Tujuan saya membantu merehap atau renovasi gereja ini untuk menambah dan meningkatkan kenyamanan masyarakat dalam beribadah," katanya.

"Saya selaku Kapolda Papua mengajak generasi muda yang ada di Kampung Yarsun untuk membangkitkan semangat dan menjaga gereja serta lingkungan, dan hiduplah dengan saling membantu, mengasihi, dan gotong royong. Kita semua memulai dari sesuatu hal yang kecil dan mendasar, untuk membuat kepedulian dan menjadi contoh kepada generasi muda lainnya," sambungnya.

Kepada kaum muda di Kampung Yarsun, Irjen Pol Paulus berpesan agar selalu menghormati dan patuh kepada orang tua, agar kelak nanti menjadi anak yang berguna dan bermanfaat bagi kampung, kabupaten, provinsi dan negara.

"Saya bersama teman-teman lainnya yang tergabung dalam grup The Spirit Of Papua hadir di sini karena kami ingin membantu masyarakat di kampung ini.
Kami hadir untuk mengabdi dan melayani masyarakat serta negara karena itu adalah tugas dan tanggung jawab kami," katanya.

Menurut dia, ada banyak potensi yang dapat dikembangkan di Kampung Yasrun, karena sebelumnya Bhabinkamtibmas dan ibu-ibu Bhayangkarinnya mengembangkan abon ikan tengiri dan cakalang asli Kampung Yarsun, ini dapat menjadi motivasi untuk mencari kreasi-kreasi lain dalam membangun Kampung ini.

"Pesan saya agar setiap Sabtu nanti masyarakat Kampung Yarsun agar mengirimkan hasil olahannya ke saya pasti akan membayarnya dan memberikan bantuan untuk mengembangkan usaha abon ikan yang memberikan motivasi dari Kampung Yarsun ini," katanya.

"Saya berterimakasih kepada bapak Bupati Sarmi, bapak Kepala Distrik Bonggo, Kapolres Sarmi, Dandim 1712 Sarmi dan masyarakat Yarsun yang telah menyambut dan membantu kami di kampung Yarsun ini. Saya berterimakasih juga karena kami telah diberikan tanah untuk membangun Pospolairud di Kampung Yarsun Ini," lanjutnya.

Jenderal bintang dua Polri itu berharap Kampung Yarsun bisa dijadikan kampung wisata atau bisa mencontohi Kampung Yoboi, di Kabupaten Jayapura yang dibuat berwarna-warni karena kreativitas pemuda dan warganya, sehingga menjadi salah satu destinasi wisata di Danau Sentani.

"Saya berharap bapak dan mama du Kampung Yarsun bisa menyampaikan dengan baik kepada pemerintah daerah untuk memanfaatkan wisata alam di kampung ini, yang dapat dijadikan contoh yaitu Kampung Yoboi yang mana masyarakatnya bergembira karena karena hasil dari kreatifitas anak muda disana yang mewarnai kampungnya menjadi warna warni sehingga menarik minat masyarakat untuk berwisata di Kampung Yoboi," katanya.

Irjen Pol Paulus mengaku bersama grup The Spirit Of Papua juga memberikan bantuan sembako untuk dibagikan kepada masyarakat Kampung Yarsun.

Sementara itu, Bupati Sarmi Eduard Fonataba menyampaikan banyak terima kasih atas kunjungan dan bantuan yang diberikan kepada Kampung Yasrun.

"Atas nama masyarakat di Kampung Yasrun dan Kabupaten Sarmi ini kami sangat berterimakasih karena Kapolda Papua selalu membantu kami, dan dalam catatan kami Kapolda Papua telah datang di Kampung Yarsun ini sebanyak 12 kali. Seperti yang dikatakan oleh Kapolda Papua bahwa kami juga berharap agar kampung ini bisa menjadi kampung Wisata yang banyak mendatangkan wisatawan dari berbagai daerah lainya," katanya.

Baca juga: Kapolda Papua: Kirim tim gabungan selidiki penembakan di Nduga

Baca juga: Kapolda Papua membenarkan staf KPU Yahukimo dibunuh OTK

Baca juga: Kapolda Papua ingatkan warga bijaksana gunakan medsos
Pewarta : Alfian Rumagit
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2020