Belum lama, baru dibuka, sekitar 20 menit
Jakarta (ANTARA) - Ruas Jalan Gatot Subroto (Gatsu) depan gedung DPR/MPR RI, Selasa petang, telah dibuka kembali untuk bisa dilintasi oleh pengendara, setelah sebelumnya sempat ditutup selama beberapa jam akibat aksi demonstrasi buruh dan mahasiswa.

Pantauan ANTARA di lokasi, sekitar pukul 17.36 WIB, kendaraan roda dan roda empat maupun TransJakarta sudah melintas di depan Jalan Gatot Subroto dengan lancar.

Menurut salah seorang anggota polisi lalu lintas dari Polda Metro Jaya yang ditemui di lokasi, pembukaan jalan itu berlangsung sekitar 20 menit yang lalu, atau sekitar pukul 17.06 WIB.

"Belum lama, baru dibuka, sekitar 20 menit," kata petugas tersebut.

Sementara itu, aksi mahasiswa menolak RUU Cipta Kerja atau Omnibus Law masih berlangsung di depan gedung DPR/MPR RI dengan jumlah massa yang terlalu banyak.

Massa diarahkan melakukan aksi di gerbang gedung parlemen sehingga kendaraan masih bisa melintas di Jalan Gatot Subroto.

Demostrasi mahasiswa ini merupakan kelanjutan dari demo massa sebelumnya yang berasal dari kelompok buruh.

Mereka pun menuntut hal yang sama dengan para buruh yang pada pagi hari turut melakukan aksi yaitu menolak RUU Cipta Kerja atau Omnibus Law.

"Kita tidak akan pernah pulang sampai Omnibus Law dicabut, kita tidak akan pernah pulang sebelum ada keputusan terkait Omnibus Law," kata orator mahasiswa yang berada di atas mobil komando di depan Gedung DPR RI.

Sebelumnya, Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) sempat melakukan aksi damai di depan DPR RI untuk menolak Omnibus Law.

Mereka memulai aksinya dengan kegiatan berjalan kaki dari gedung TVRI pada pukul 10.30 WIB menuju ke depan Gedung DPR RI.

Massa aksi dengan damai membubarkan diri pada pukul 12.43 WIB usai Ketua KSPI Said Iqbal bertemu dengan Wakil DPR RI Ahmad Sufmi Dasco.

Baca juga: Polisi masih tutup Jalan Gelora belakang DPR imbas demo
Baca juga: TransJakarta hentikan sementara dua rute imbas demo di DPR

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2020