Pemerintah menjanjikan sisa utang senilai Rp38 triliun pada akhir Agustus atau awal September 2020.
Jakarta (ANTARA) - Pemerintah masih menanggung utang kepada PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) senilai Rp38 triliun baru dibayarkan Rp7 triliun hingga Menteri BUMN Erick Thohir menilai tol pertama di Aceh adalah bukti pemerataan pembangunan.

Berikut lima berita ekonomi kemarin, Selasa (25/8), yang masih layak untuk disimak pada hari ini, Rabu, berdasarkan data yang dihimpun Antara Jakarta di portal Antaranews :


1. Pemerintah baru bayar utang PLN Rp7 triliun

Direktur Utama Perusahaan Listrik Negara (PLN) Zulkifili Zaini mengatakan pemerintah baru membayar utang kepada PLN sebesar Rp7 triliun dari total Rp45 triliun.

“Pemerintah menjanjikan sisa utang senilai Rp38 triliun pada akhir Agustus atau awal September 2020,” kata Zulkifli Zaini saat RDP di DPR, Jakarta, Selasa.


​​​​​Link artikel


2. Bromo dibuka wisata kembali

Salah satu daerah tujuan wisata unggulan di Jawa Timur, Gunung, Bromo, kembali dibuka untuk para wisatawan pada 28 Agustus 2020, di tengah pandemi virus Corona, atau COVID-19.

Kepala Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru John Kenedie mengatakan bahwa, pembukaan wisata Gunung Bromo tersebut dilakukan secara bertahap, usai mendapatkan persetujuan dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan.


Link artikel


3. Penemuan vaksin bakal pulihkan ekonomi Indonesia

Ekonom senior Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Iman Sugema mengatakan penemuan vaksin untuk pengobatan COVID-19 dapat memulihkan perekonomian Indonesia paling cepat pertengahan 2021.

Ia memproyeksikan kondisi tersebut dengan catatan penemuan vaksin terjadi pada awal 2021 karena obat tersebut merupakan kunci untuk menjawab segala persoalan ekonomi yang terdampak parah oleh pandemi ini.


Link Artikel


4. Menkeu pertumbuhan ekonomi mendekati nol persen

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengingatkan bahwa pertumbuhan ekonomi mendekati nol persen pada triwulan III 2020 setelah triwulan II terkontraksi 5,32 persen membutuhkan upaya sangat keras.

"Kami sangat hati-hati bahwa kuartal III untuk bisa masuk ke zona nol persen itu butuh perjuangan yang luar biasa berat," katanya dalam konferensi pers APBN KiTa di Jakarta, Selasa.


Link artikel


5. Erick Thohir : Tol pertama Aceh bukti pemerataan

Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan bahwa keberadaan jalan tol pertama di Provinsi Aceh merupakan bukti keberpihakan pemerintah dan pemerataan pembangunan di Indonesia.

"Ini merupakan tol pertama yang mampu direalisasikan pemerintah di sisi (provinsi) barat Indonesia. Adanya tol ini sangat membantu transportasi, distribusi barang dan logistik, serta mobilisasi masyarakat," ujar Menteri BUMN, Erick Thohir dalam keterangan resmi yang diterima di Jakarta, Selasa.


Link Artikel
 

Pewarta: Afut Syafril Nursyirwan
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2020