Kementerian KUKM latih 540 pelaku usaha kawasan Danau Toba

Kementerian KUKM latih 540 pelaku usaha kawasan Danau Toba

Menteri KUKM Teten Masduki di pembukaan pelatihan terpadu peningkatan kapasitas dan kualitas pelaku UMKM di kawasan Danau Toba. (ANTARA/Waristo)

Simalungun (ANTARA) - Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah menyelenggarakan program pelatihan terpadu kepada 540 pelaku usaha di kawasan pariwisata Danau Toba, Sumatera Utara.

Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (KUKM) Teten Masduki, saat membuka pelatihan tersebut di Parapat, Rabu, menegaskan komitmen pemerintah membantu tumbuh kembang usaha mikro, kecil dan menengah dalam upaya percepatan Pemulihan Ekonomi Nasional menuju normal baru.

Kegiatan pelatihan seperti kali ini, satu dari banyak program yang dilaksanakan untuk membantu pelaku usaha mengembangkan kemampuan sumber daya manusianya.

"Diharapkan pelatihan tersebut memberikan dampak positif terhadap perekonomian di kawasan dan penyangga destinasi wisata Danau Toba," katanya.

Deputi Pengembangan SDM Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Arif Rahman Hakim mengatakan, pelatihan terpadu peningkatan kapasitas dan kualitas SDM usaha kecil menengah "KUMKM eksis dan mampu beradaptasi pada masa pandemik dan normal baru COVID-19" berlangsung 25-27 Agustus 2020.

Peserta sebanyak 540 orang yang berasal dari tiga kabupaten kawasan Danau Toba, Simalungun, Toba dan Samosir serta Pematangsiantar sebagai kota penyangga.

Harapan dari kegiatan, terwujudnya pemulihan ekonomi pada destinasi Pariwisata Super Prioritas Danau Toba melalui pemanfaatan potensi lokal.

Baca juga: Bantuan Presiden Rp2,4 juta untuk usaha mikro mulai dicairkan
Baca juga: Teten: Pemulihan UMKM terdampak COVID-19 harus diprioritaskan
Pewarta : Juraidi dan waristo
Editor: Ahmad Wijaya
COPYRIGHT © ANTARA 2020