Tarakan (ANTARA) - Jumlah pasien yang sembuh dari COVID-19 bertambah dua orang di Kalimantan Utara (Kaltara), tersebar di Tarakan dan Bulungan.

“Satu pasien yang sembuh di Bulungan berinisial FR (52) dan Tarakan berinisial PK (32). Keduanya terpapar dari transmisi lokal,” kata Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Kaltara Agust Suwandy di Tanjung Selor, Rabu.

Kemudian ada satu pasien tambahan yang positif COVID-19 berinisial P (32) yang memiliki riwayat perjalanan dari Kalimantan Selatan.

Saat ini jumlah kumulatif kasus positif COVID-19 di Kaltara sebanyak 361 orang, jumlah kumulatif yang sembuh sebanyak 318 orang, meninggal ada dua orang. Sedangkan yang masih dirawat sebanyak 42 orang yang tersebar di Tarakan ada 32 orang, empat orang di Bulungan, empat orang di Nunukan dan satu orang di Tana Tidung.

Baca juga: Kasus positif COVID-19 bertambah empat di Tarakan

Baca juga: Kasus positif COVID-19 di Kaltara bertambah tiga orang


Selanjutnya jumlah suspek yang diisolasi sebanyak 71 orang. Kasus suspek bila seseorang memiliki salah satu kriteria berikut yakni orang dengan Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) dan pada 14 hari terakhir sebelum timbul gejala memiliki riwayat perjalanan atau tinggal di negara/wilayah Indonesia yang melaporkan transmisi lokal.

Kemudian orang dengan salah satu gejala/tanda ISPA pada 14 hari terakhir sebelum timbul gejala memiliki riwayat kontak dengan kasus konfirmasi/probable COVID-19. Serta orang dengan ISPA berat/pneumonia berat yang membutuhkan perawatan di rumah sakit dan tidak ada penyebab lain berdasarkan gambaran klinis yang meyakinkan.

“Untuk kasus probable di Kaltara ada 19 orang, kasus probable yakni kasus suspek dengan ISPA berat/meninggal dengan gambaran klinis yang meyakinkan COVID-19 dan belum ada hasil pemeriksaan laboratorium RT-PCR,” kata Agust.*

Baca juga: Positif COVID-19 di Kaltara jadi 328 orang setelah ada tiga tambahan

Baca juga: Kasus positif COVID-19 di Kaltara bertambah sembilan


Pewarta: Susylo Asmalyah
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2020