Kemarin, serapan kesehatan Rp72,73 triliun sampai target vaksin

Kemarin, serapan kesehatan Rp72,73 triliun sampai target vaksin

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto (tengah) didampingi Menteri BUMN Erick Thohir (kedua kanan), Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto (kedua kiri), Kepala BNPB Doni Monardo (kiri) dan Wakil Menteri BUMN I Budi Gunadi Sadikin (kanan) memberikan konferensi pers seusai rapat Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Rabu (26/8/2020). Airlangga mengatakan rapat tersebut membahas revisi terhadap Perpres 82/2020 tentang Komite Penanganan COVID-19 dan PEN yang meliputi kelengkapan struktur anggota komite, penetapan anggaran dan pelaksanaan kegiatan komite, dan pengadaan vaksin. ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/foc/aa.

Jakarta (ANTARA) - Penyerapan anggaran kesehatan dalam pemulihan ekonomi akibat pandemi sebesar Rp72,73 triliun hingga target vaksin COVID-19 di Indonesia adalah akhir 2020.

Berikut lima artikel berita ekonomi Rabu (26/8) yang dihimpun Antara di Jakarta, dan masih layak dibaca pada Kamis :

1. Penyerapan anggaran kesehatan Rp72,73 triliun

Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Susiwijono menyampaikan proyeksi penyerapan anggaran kesehatan dalam rangka pemulihan akibat pandemi COVID-19 sampai akhir 2020 sebesar Rp72,73 triliun.

"Tidak ada pemangkasan atau pengurangan anggaran kesehatan, alokasinya tetap Rp87,55 triliun. Namun dari hasil analisis, proyeksi penyerapan sampai dengan akhir tahun kemungkinan akan terserap Rp72,73 triliun," tegas Susiwijono di Jakarta, Rabu.

Link artikel

2. Masyarakat kembangkan katalis Merah Putih tekan impor minyak

Masyarakat Biohidrokarbon melakukan pengembangan katalis Merah Putih hasil penelitian Institut Teknologi Bandung/ITB untuk menekan angka impor produk yang dimanfaatkan dalam industri kimia.
"Dengan terciptanya Katalis Merah Putih ini Indonesia tidak perlu lagi mengimpor minyak bumi setiap tahun, karena industri katalis ini akan mendorong untuk menuju kemandirian energi," ujar Ketua Masyarakat Biohidrokarbon Sahat M Sinaga di Jakarta, Rabu.

Link artikel

3. Pemerintah targetkan Indonesia dapat vaksin Covid-19 akhir 2020

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menargetkan Indonesia mendapat akses terhadap 30 juta vaksin COVID-19 yang diproduksi PT Bio Farma sampai akhir 2020.

"Kita berharap sampai akhir tahun kita bisa mempunyai akses terhadap 30 juta vaksin produksi di Biofarma. Ini merupakan inisiatif yang paling depan," katanya dalam diskusi daring di Jakarta, Rabu.

Link artikel

4. Kemenperin pacu pembangunan pabrik gula

Kementerian Perindustrian terus mendorong pembangunan pabrik gula baru, yang terintegrasi lahan tebu, guna memenuhi kebutuhan pasar domestik yang semakin meningkat, baik untuk konsumsi langsung maupun bahan baku industri makanan dan minuman.
Pendirian pabrik gula baru itu membutuhkan kebijakan strategis, yang dapat menciptakan iklim investasi yang kondusif di Tanah Air.

Link artikel

5. Telkomsel jajaki investasi ke Go Jek

Pengamat pasar modal Fendi Susiyanto menilai rencana PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk (TLKM) berinvestasi ke Gojek melalui anak usahanya PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) sangat strategis dan diyakini akan semakin mendorong digitalisasi ekonomi di Tanah Air.

Menurut Fendi, dengan infrastruktur dan jaringan yang paling besar, Telkomsel dapat mengoptimalkan setiap potensi bisnis yang ada pada ekosistem Gojek. Apalagi Gojek telah memiliki jutaaan mitra dan pelanggan dari berbagai produknya layanannya.

Link artikel
Pewarta : Afut Syafril Nursyirwan
Editor: Ahmad Buchori
COPYRIGHT © ANTARA 2020