Jadi anggaran itu untuk peningkatan di 300 lebih titik jalan lingkungan kawasan perumahan
Cikarang, Bekasi (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi, Jawa Barat, secara bertahap akan memperbaiki ratusan jalan lingkungan yang berada dalam kawasan perumahan mulai  September 2020 dan rencananya upaya peningkatan fasilitas umum itu juga disertai penambahan saluran air khusus di lingkungan perumahan.

Kepala Bidang Perumahan Rakyat pada Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman, dan Pertanahan, Kabupaten Bekasi Budi Setiawan mengatakan upaya peningkatan fasilitas jalan dan saluran air akan dilakukan di kawasan lingkungan perumahan yang berada di 21 Kecamatan se-Kabupaten Bekasi.

"Dari 23 kecamatan, hanya Kecamatan Cabangbungin dan Muaragembong yang tidak mendapatkan upaya peningkatan tersebut. Karena dua wilayah tersebut tidak memiliki kawasan perumahan seperti wilayah lain, namun dua wilayah tersebut mendapatkan prioritas perbaikan untuk jalan lingkungan," katanya di Cikarang, Kamis.

Baca juga: Ironis dekat kantor Bupati, warga swadaya perbaiki jalan rusak

Budi mengatakan kegiatan peningkatan kualitas prasarana, sarana, dan utilitas pada perumahan tersebut menggunakan alokasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Bekasi 2020 sebesar Rp60 miliar untuk ratusan titik di kawasan perumahan.

"Jadi anggaran itu untuk peningkatan di 300 lebih titik jalan lingkungan kawasan perumahan," katanya.

Dia mengaku sebenarnya pemerintah daerah mengalokasikan anggaran sebesar Rp200 miliar untuk kegiatan ini namun karena terdampak pandemi COVID-19 maka anggaran tersebut berkurang menjadi Rp60 miliar.

Baca juga: Kementerian PUPR perbaiki 29 kilometer jalur mudik Bekasi

"Awalnya dianggarkan Rp200 miliar untuk 969 titik jalan perumahan tapi karena terkena refocusing untuk penanganan COVID-19 jadi hanya jalan perumahan prioritas saja yang ditingkatkan," katanya.

Ia menjelaskan mulai tahun ini peningkatan jalan terbagi atas dua kegiatan yakni jalan perumahan serta jalan lingkungan permukiman. "Untuk jalan perumahan kita ditarget dua tahun ke depan semua jalan sudah ditingkatkan, sesuai kajian pemerintah daerah melalui Musrenbang," kata dia.

Baca juga: Pemkot Bekasi tagih janji perbaikan Jalan Kalimalang

 

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2020