Wapres: BUMD harus mampu berinovasi di tengah pandemi

Wapres: BUMD harus mampu berinovasi di tengah pandemi

Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin menyaksikan penyerahan penghargaan TOP BUMD Awards 2020 melalui sambungan telekonferensi dari rumah dinas wapres, Jakarta, Kamis (27-8-2020). ANTARA/HO-Asdep Komunikasi dan Informasi Publik (KIP) Setwapres

Jakarta (ANTARA) - Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin meminta badan usaha miliki daerah (BUMD) untuk mampu menciptakan inovasi dalam memproduksi kebutuhan masyarakat di daerah dalam masa adaptasi kebiasaan baru di tengah pandemi COVID-19.

"BUMD dituntut mampu merespons secara cepat dan tepat, menangkap peluang-peluang inovasi dengan pemanfaatan teknologi digital sehingga roda bisnis dan fungsi pelayanannya tetap berjalan," kata Ma'ruf Amin saat menyampaikan sambutan pada acara penyerahan penghargaan TOP BUMD Awards Tahun 2020 melalui telekonferensi dari Jakarta, Kamis.

Wapres juga berharap agar BUMD meningkatkan kualitas perusahaan dan kemampuan sumber daya manusia di dalamnya lewat pelatihan khusus bagi kelompok usia produktif. Dengan demikian, upaya pemulihan ekonomi di daerah dapat berjalan maksimal.

Baca juga: Wapres minta proses sertifikasi halal vaksin COVID-19 berjalan cepat

Melalui TOP BUMD Awards, Wapres berharap badan usaha di daerah ikut terpacu untuk berinovasi dalam memproduksi barang dan jasa guna memenuhi kebutuhan masyarakat di daerah.

"Penghargaan TOP BUMD Awards 2020 merupakan salah satu upaya nyata agar makin banyak bermunculan BUMD hebat, BUMD-BUMD yang terus melakukan perbaikan dalam pengelolaan usahanya mendukung percepatan pembangunan ekonomi daerah," kata Ma'ruf Amin.

TOP BUMD Awards diselenggarakan setiap tahun sejak 2016 untuk memberikan penghargaan kepada badan usaha yang berkontribusi tinggi terhadap pembangunan di daerah.

Tema penyelenggaraan pada tahun ini berkaitan dengan "Strategi Keberlangsungan Bisnis BUMD pada Era New Normal". Penilaian penghargaan dilakukan berdasarkan tiga aspek, yakni pencapaian kerja, peningkatan, dan kontribusi.

Baca juga: Wapres Ma'ruf Amin minta produksi vaksin COVID-19 dipercepat

Ketua Dewan Juri Djohermansyah Djohan menyebutkan tiga kriteria tersebut menjadi dasar penilaian dan penentuan untuk menerima penghargaan TOP BUMD Level Bintang Lima.

Beberapa perusahaan daerah air minum yang meraih penghargaan, antara lain Perumdam Tirta Kerta Raharja Kabupaten Tangerang, Perumda Air Minum Apa' Mening Kabupaten Malinau, PDAM Tirta Segah Kabupaten Berau dan PDAM Kabupaten Nunukan.

BUMD kategori perbankan yang meraih penghargaan ialah Bank BJB Tbk., Bank Jatim, BPR Bank Sleman, BPR Bank Bapas 69 Kabupaten Magelang, dan BPR Batola Kabupaten Barito Kuala.

Selain itu, peraih penghargaan BUMD Terbaik dalam mendukung pembangunan di daerah adalah PT Mahakam Gerbang Raja Migas, PT Migas Mandiri Pratama Kaltim, PT Jakarta Industrial Estate Pulogadung, dan PDAM Kota Gorontalo.

Baca juga: Wapres: Stranas PK jangan sekadar pemenuhan dokumen administrasi

Pewarta : Fransiska Ninditya
Editor: D.Dj. Kliwantoro
COPYRIGHT © ANTARA 2020