pembagian nasi buka luwur dilakukan per kecamatan di Kabupaten Kudus
Kudus (ANTARA) - Tradisi pembagian nasi buka luwur di kompleks Menara dan Makam Sunan Kudus, Jawa Tengah, yang biasanya dihadiri ribuan warga untuk antre mendapatkan nasi tersebut pada tahun ini ditiadakan demi mencegah kemungkinan terjadinya penularan virus corona (COVID-19).

"Sebagai gantinya, pembagian nasi buka luwur dilakukan per kecamatan di Kabupaten Kudus," kata Juru Bicara Panitia Buka Luwur Sunan Kudus Muhammad Kharis di Kudus, Jumat.

Nantinya, kata dia, ada petugas yang akan mendistribusikan nasi jangkrik maupun nasi uyah asem yang biasanya diperebutkan warga saat ritual buka luwur ke masing-masing kecamatan.

Koordinator di masing-masing kecamatan, selanjutnya akan mendistribusikannya kepada koordinator tingkat desa untuk dibagikan kepada warga.

Untuk jumlah bungkus nasi yang akan dibagikan kepada masyarakat di masing-masing kecamatan, katanya, belum bisa disebutkan karena proses pembungkusan nasinya baru dimulai Jumat malam.

Sementara jumlah hewan ternak yang akan dimasak, meliputi hewan kerbau sebanyak 16 ekor dan kambing sebanyak 63 ekor.

Baca juga: Warga rela antre demi nasi uyah asem di Kudus

Baca juga: Keris dan tombak sunan kudus "dijamas"


Pendistribusian nasi buka luwur sendiri dijadwalkan mulai Sabtu (29/8) dini hari, sedangkan yang hadir pada ritual buka luwur pada hari yang sama di kompleks Makam Sunan Kudus jumlahnya juga terbatas demi menjaga jarak fisik antar tamu undangan.

"Rencananya ada 100-an undangan yang disebarkan ke sejumlah pihak untuk menghadiri prosesi buka luwur," ujarnya.

Panitia Buka Luwur Sunan Kudus sendiri juga sudah memasang baliho berukuran sedang yang bertuliskan "mohon maaf tidak ada antrean brekat umum" di depan Menara Kudus.

Pengalaman sebelumnya, antrean mendapatkan nasi jangkrik dan uyah asem pada ritual buka luwur sejak dinihari dengan harapan tidak perlu berdesak-desakan dengan peserta lain.

Tradisi buka luwur sendiri diselenggarakan setiap 10 Muharam atau pada Sabtu (29/8), merupakan ritual keagamaan untuk menandai penggantian kelambu di Makam Sunan Kudus.

Sementara tradisi buka luwur dengan membagi-bagikan nasi uyah asem sudah berlangsung ratusan tahun silam dan pembagian bungkus nasi uyah asem ini disimbolkan sebagai kesejahteraan masyarakat. 

Baca juga: Ganjar apresiasi antusiasme masyarakat ikuti tradisi Buka Luwur

Baca juga: Pelajar nyekar ke makam Sunan Kudus

Pewarta: Akhmad Nazaruddin
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2020