Pemprov Kaltim mendukung rencana pembangunan makogab di Amborawang Samboja, Kutai Kartanegara.
Samarinda (ANTARA) - Gubernur Provinsi Kalimantan Timur Isran Noor keberadaan markas komando gabungan (makogab) di Amborawang Samboja tidak menutup kemungkinan mendukung pembangunan ibu kota negara (IKN) baru di Panajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara.

"Artinya, secara otomatis pertahanan dan keamanan IKN menjadi tanggung jawab dari jajaran TNI yang bermarkas di wilayah tersebut," kata Gubernur Kaltim Isran Noor di Samarinda, Jumat.

Gubernur Isran Noor menegaskan bahwa pemprov setempat mendukung rencana pembangunan makogab di Amborawang Samboja, Kutai Kartanegara.

Isran mengatakan bahwa pihaknya siap menjalin kerja sama Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Kogabwilhan) II dalam menjalankan tugas dan kinerjanya.

Baca juga: Menteri PPN sebut proyek ibu kota negara masih tetap lanjut

Baca juga: Jumlah penduduk kabupaten calon ibu kota negara bertambah 1.000 jiwa


Kerja sama pembangunan itu, lanjut dia, pihaknya berkoordinasi dengan berbagai pihak, terutama dengan Kementerian PUPR. Isran berharap akses menuju makogab tersebut harus dipersiapkan dengan baik untuk kemudahan mobilitas kendaraan tempur.

Oleh sebab itu, kata Isran Noor, perencanaan pembangunan harus matang karena di sekitar kawasan Amborawang masih banyak infrastruktur yang kurang memadai.

Baca juga: Peneliti BPPT: Calon Ibu Kota Negara rentan 'smong'

Pewarta: Arumanto
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2020