Presiden Jokowi nyekar di makam ibunda Sudjiatmi di Karanganyar

Presiden Jokowi nyekar di makam ibunda Sudjiatmi di Karanganyar

Sejumlah petugas makam saat. ANTARA/Bambang Dwi Marwoto/pri.

Karanganyar (ANTARA) - Presiden Joko Widodo mudik ke Solo menyempatkan berziarah atau nyekar ke tempat pemakaman ibunda almarhumah Sudjiatmo Notomihardjo di Dukuh Mundu, Desa Selokaton, Kecamatan Gondangrejo, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, Sabtu.

Jokowi setiba di Kota Solo langsung menuju ke tempat pemakaman keluarga ibunda Sudjiatmi Notomihardjo dan ayahnda Widjiatmo Notomiharjo di Selokaton Karanganyar dengan naik mobil Toyota Alpard warna hitam berpelat B 1924 WZT.

Jokowi tiba di tempat pemakaman tersebut sekitar pukul 09.00 WIB, kemudian disusul kedua adik kandungnya yakni Ida Yati, dan Titik Relawati untuk berziarah. Ziarah yang diadakan secara tertutup tersebut itu, sehingga semua media hanya bisa memantau dari jauh atau di Jalan Raya Solo-Purwodadi saja.

Menurut Kepada Desa Selokaton Karanganyar Sutino pihaknya membenarkan pak Jokowi datang berziarah ke makam keluarga di Selokaton, dan selama sekitar satu jam.
Baca juga: Presiden Jokowi sempatkan "nyekar" ke makam kakeknya

Menurut Sutino dalam ziarah ke makam orang tuanya, pak Jokowi yang memimpin langsung membaca Surat Yasin dan doa. Sedangkan kedua adik Jokowi, yakni Ida dan Titik mengikuti saja.

"Pak Jokowi saat nyekar hanya diperbolehkan memantau dibalik pagar makam. Kedatangan pak Jokowi ini baru yang pertama kali semenjak pemakaman ibunya Sudjiatmi pada 25 Maret 2020.

Pak Jokowi bersama keluarga setelah selesai membacakan doa kemudian dialnjutkan tabur bunga di pemakaman kedua orang tuanya. Pak Jokowi sempat pesan kepada juru kunci makam agar dijaga dengan baik.

Ida Yati salah satu adik kandung Jokowi, saat dikonfirmasi soal ziarah bersama pak Jokowi ke makam ibunda di Selokaton, Karanganyar, membenarkan. Ida bersama adiknya, Titik Relawati menyusul pak Jokowi berziarah ke makam keluarga Selokaton.
Baca juga: Presiden Jokowi ke Solo gelar tahlil doakan Ibunda Sudjiatmi

Jokowi setelah melakukan doa kemudian meninggalkan lokasi pemakaman keluarga di Selokaton Karanganyar tersebut sekitar pukul 10.10 WIB.

Presiden Jokowi sebelum meninggalkan tempat pemakaman keluarga, sempat membagikan masker dan paket sembako kepada masyarakat sekitar di masa adaptasi kebiasan baru.

Bahkan, Presiden Jokowi saat tiba Pasar Kalioso Kecamatan Gondangrejo, Kabupaten Karanganyar juga sempat membagikan masker dan paket sembako kepada warga, sebelum kembali ke kediamannya Sumber, Kecamatan Banjarsari, Solo.
Baca juga: Presiden Jokowi ikut menguburkan jenazah ibundanya
Pewarta : Bambang Dwi Marwoto
Editor: Muhammad Yusuf
COPYRIGHT © ANTARA 2020