MPR: Pemahaman visi-misi cakada terkait pembangunan jangan sepenggal

MPR: Pemahaman visi-misi cakada terkait pembangunan jangan sepenggal

Tangkapan layar - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo memberikan pidato dalam peringatan HUT MPR RI ke-75 di Kompleks Parlemen, Jakarta, Sabtu, (29/8/2020). ANTARA/Tangkapan layar Youtube MPRGOID/pri. (ANTARA/Tangkapan layar Youtube MPRGOID)

Jakarta (ANTARA) - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo menilai calon kepala daerah (cakada) yang ikut kontestasi dalam Pilkada Serentak 2020 harus memiliki pemahaman visi-misi bahwa pembangunan di Indonesia yang berjalan tidak sepenggal-penggal.

"Kami ingin menekankan kepada para bupati, walikota, dan gubernur yang akan berkontestasi pada Pilkada Desember 2020, juga harus memiliki pemahanan dalam visi-misinya nanti bahwa pembangunan di Indonesia ini tidak sepenggal-penggal," kata Bamsoet usai mengikuti perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) MPR RI di Kompleks Parlemen, Jakarta, Sabtu.

Dia menegaskan bahwa Indonesia bukan seperti negara bagian tetapi sebagai negara yang terintegrasi. Karena itu menurut dia, dalam visi dan misi cakada diharapkan mengacu kepada rencana pembangunan jangka panjang menengah nasional.

"Kemudian juga harus memiliki semangat dan substansi daripada nilai-nilai Pancasila plus bagaimana mereka juga menjaga Kebhinekaan dan NKRI dalam visi misinya kalau mereka terpilih sebagai kepala daerah 5 tahun mendatang," ujarnya.

Hal itu menurut dia agar visi dan misi sejalan karena ada kecenderungan para calon itu tidak sendiri membuat visi dan misinya sehingga dirint mendorong para calon kepala daerah menghayati visi-misi yang dibuat.


Baca juga: MPR: Pastikan Pilkada lancar pasca-penambahan anggaran


Sebelumnya, Bamsoet dalam peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) MPR RI ke-75 di Gedung Nusantara IV, Kompleks Parlemen, Jakarta, Sabtu mengatakan lembaganya akan merekomendasikan kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) agar naskah visi-misi cakada bagian tidak terpisahkan dari Visi Misi Negara Kesatuan Republik Indonesia.

"Visi-misi NKRI yang berpedoman pada nilai-nilai Pancasila, sebagai arah bagi penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) yang merupakan satu kesatuan dengan Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional (SPPN) dan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN) di segala bidang kehidupan, yang berlandaskan pada riset dan inovasi nasional," kata Bamsoet di Kompleks Parlemen, Jakarta, Sabtu.

Baca juga: Anggota MPR: 3 syarat Pilkada jadi energi positif bangsa

Baca juga: MPR gelar peringatan HUT lembaga

Baca juga: Bamsoet tegaskan MPR sebagai pengawal ideologi Pancasila

Pewarta : Imam Budilaksono
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2020