Kementerian ESDM uji coba penukaran baterai kendaraan listrik

Kementerian ESDM uji coba penukaran baterai kendaraan listrik

Dirjen Ketenagalistrikan Rida Mulyana melakukan uji coba penukaran baterai untuk kendaraan listrik din halaman Ditjen Ketenagalistrikan, Jakarta, Senin. ANTARA/Afut Syafril (Afut Syafril)

Jakarta (ANTARA) - Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Rida Mulyana melakukan uji coba Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU) di Gedung Ditjen Ketenagalistrikan, Jakarta.

“Saya harapkan dengan adanya SPBKLU ini dapat meningkatkan permintaan listrik dari energi baru terbarukan dan lambat laun menggantikan energi fosil,” kata Rida Mulyana usai mencoba baterai tersebut di Jakarta, Senin.

Ia menilai dengan adanya alat penukaran baterai tersebut maka dapat merangsang masyarakat beralih kepada kendaraan listrik daripada motor BBM.

Ia juga berharap pihak swasta banyak yang akan mendukung pendirian SPBKLU dapat terpasang di seluruh penjuru kota.

Berdasarkan pantauan Antara, SPBKLU tersebut merupakan berupa bilik penukaran baterai listrik dengan menggunakan aplikasi.

Melalui aplikasi, pengguna motor listrik dapat menuju ke SPBKLU terdekat untuk melakukan scan kepada loker baterai yang tersedia.

Kemudian, baterai motor lama ditukar dengan yang baru melalui bilik tersebut, sehingga tidak perlu lagi menunggu lama waktu pengisian daya pada motor.

Pembayaran nantinya diklaim akan lebih murah dengan skema pembayaran langganan bulanan, bukan sekali tukar.

Baterai tersebut juga dilengkapi dengan alat GPS, sehingga dapat meminimalisir terjadinya tindak pencurian baterai.

Baca juga: Polusi udara mengkhawatirkan, kendaraan listrik bisa jadi solusi
Baca juga: Kemenhub terbitkan regulasi kendaraan bermotor listrik

Pewarta : Afut Syafril Nursyirwan
Editor: Ahmad Wijaya
COPYRIGHT © ANTARA 2020