Kendari (ANTARA) - Kapolda Sulawesi Tenggara Irjen Pol Yan Sultra Indrajaya menekankan kepada polisi wanita (Polwan) dalam menjalankan tugas senantiasa menjaga citra korps Polwan yang telah banyak memberikan kontribusi dalam mewujudkan terciptanya Kamtibmas yang kondusif.

Hal tersebut disampaikan Kapolda Sultra melalui sambutannya yang dibacakan Irwasda Polda Sultra Kombes Pol Yudi Hermawan di Kendari, Selasa 1 September 2020.

Momentum hari jadi Polwan ke-72 yang digelar berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya karena pandemi virus Corona berlangsung di Aula Dhacara Polda Sultra.

Menilik perjalanan panjang yang penuh pengabdian korps Polwan mengusung tema "Polwan Siap Mewujudkan Kamtibmas Kondusif, Masyarakat Semakin Produktif".

Tema tersebut mengandung makna bahwa Polwan berkomitmen meningkatkan kinerja dan profesionalisme pelaksanaan tugas Polri untuk mewujudkan stabilitas Kamtibmas yang semakin kondusif guna mendukung produktifitas masyarakat.

"Polwan telah banyak memberikan kontribusi dan sumbangsih dalam menciptakan kamtibmas yang kondusif," urai Kapolda Yan Sultra.

Disamping itu, Polwan sebagai seorang wanita yang mampu menjadi pelopor bagi wanita lainnya dalam pengembangan diri, baik berperan sebagai ibu bagi anak-anaknya dan sebagai pilar bagi tumbuhnya generasi muda yang berkualitas serta mampu sebagai garda terdepan dalam memperjuangkan hak-hak wanita.
 

Personel Polwan Polda Sultra menggelar baksi sosial berbagi paket sembako serangkaian HUT Polwan ke-72, Selasa 1 September 2020. (Foto: ANTARA/sarjono)
Hingga kini keberadaan Polwan di lingkungan Polri mempunyai peran dan kedudukan serta hak yang sama baik dalam hal rekrutmen, pendidikan, pembinaan karir dan kesejahteraan personel, maupun dalam pelaksanaan tugas.

Hal ini terbukti dengan sudah banyaknya personel Polwan yang bertugas pada fungsi Brimob, Polair, Sabhara maupun keterlibatan dalam misi internasional pasukan PBB.

Pengabdian Polwan yang telah mencapai 72 tahun ini hendaknya membuat polisi Kartini semakin matang serta mampu menampilkan sikap dan perilaku sesuai hakekat jati diri Polri sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat.

Bagi personel Polwan, setiap kegiatan yang dilakukan oleh akan berdampak terhadap citra Polri.

Keberhasilan dan pencapaian yang dilakukan oleh Polwan akan membawa citra positif bagi Polri, demikian pula sebaliknya jika ada perilaku tidak terpuji dari anggota Polwan akan berdampak buruk terhadap citra Polri.

Secara khusus Kapolda Sultra menekankan beberapa hal bagi Polwan, yakni hindari hal-hal negatif yang dapat menurunkan citra Polwan, gunakan sarana media sosial dengan bijak dengan tidak menampilkan perilaku yang tidak sesuai dengan etika kedinasan, apalagi menampilkan sikap hedonisme serta diharapkan agar menunjukkan kinerja dan performa terbaik dalam pelaksanaan tugas personel Polwan dimanapun berada.

Baca juga: Kapolri promosikan 18 Polwan untuk tempati jabatan strategis

Baca juga: Sahroni apresiasi Kapolri tunjuk polwan isi posisi strategis

Baca juga: Polwan Aceh dapat tugas ke Afrika Tengah

Baca juga: HUT Polwan ke-72, Polres Jakbar bagikan masker untuk pengguna jalan


Pewarta: Sarjono
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2020