Negara Barat tercengang atas kesuksesan Rusia (dalam mengembangkan calon vaksin) dan harus melewati empat tahapan penerimaan yang tak dapat dipungkiri: penolakan, kemarahan, depresi, dan akhirnya penerimaan
Moskow (ANTARA) - Pernyataan pejabat senior AS dan langkah Inggris atas kemungkinan pelacakan cepat vaksin COVID-19 menunjukkan bahwa negara Barat kini menerima bahwa Rusia tepat menyetujui vaksin secepatnya pada Agustus, demikian pejabat Rusia, Senin.

Rusia mengantongi persetujuan regulator atas vaksin COVID-19 Agustus ini setelah kurang dari dua bulan uji klinis pada manusia, yang menimbulkan keraguan di kalangan para ahli negara Barat terkait keamanan dan kemanjuran vaksin tersebut.

Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (FDA) AS sejak itu mengatakan pihaknya siap mempercepat proses persetujuan otorisasi vaksin COVID-19 selama para pejabat yakin bahwa manfaatnya lebih besar ketimbang risikonya.

Pemerintah Inggris pekan lalu memantapkan rencana yang akan memungkinkan regulator medis Inggris memberikan otorisasi sementara untuk setiap vaksin COVID-19 sebelum menerima persetujuan penuh jika memenuhi standar keamanan dan kualitas.

AS dan London kini "justru mencontoh Rusia," kata Kirill Dmitriev, kepala Dana Investasi Langsung Rusia, yang banyak terlibat dalam program vaksin buatan Rusia.

"Negara Barat tercengang atas kesuksesan Rusia (dalam mengembangkan calon vaksin) dan harus melewati empat tahapan penerimaan yang tak dapat dipungkiri: penolakan, kemarahan, depresi, dan akhirnya penerimaan," katanya melalui pernyataan.

"Pernyataan baru-baru ini memperlihatkan bahwa sejumlah mitra Barat kami telah melalui tahapan depresi dan kini menerima bahwa prosedur Rusia tepat adanya."

Rusia kini memulai uji klinis Tahap III vaksin "Sputnik V", yang akan menguji kemanjuran vaksin dalam kelompok partisipan yang lebih besar. Pihaknya juga siap merestui vaksin COVID-19 kedua pada akhir September atau awal Oktober.

Menteri Kesehatan Mikhail Murashko menyebutkan vaksinasi massal terhadap kelompok berisiko tinggi akan dimulai pada November - Desember.

Sumber: Reuters

Baca juga: Dubes: Lembaga Dana Investasi Rusia tawarkan Sputnik V ke Indonesia

Baca juga: Dubes Rusia: uji klinis tahap ketiga Sputnik V minggu depan

Penerjemah: Asri Mayang Sari
Editor: Fardah Assegaf
Copyright © ANTARA 2020