Jakarta (ANTARA) - Karolina Pliskova memimpin para petenis unggulan melaju ke putaran kedua US Open yang berlangsung Senin waktu setempat, demikian dikutip dari AFP.

Unggulan teratas Pliskova tidak mengalami kesulitan saat meladeni Anhelina Kalinina asal Ukraina di Stadion Arthur Ashe, untuk mengamankan kemenangan 6-4, 6-0 dalam pertandingan yang berlangsung selama satu jam tiga menit.

Kemenangan Pliskova seolah menjadi dasar bagi para petenis unggulan lain di kategori putri. Sebanyak 15 dari 16 petenis unggulan putri berhasil lolos ke putaran selanjutnya.

Petenis peringkat ketiga dunia, Pliskova, naik menjadi unggulan pertama akibat absennya petenis peringkat satu dunia Ashleigh Barty dan peringkat kedua dunia Simona Halep. Selanjutnya Pliskova akan berhadapan dengan Caroline Garcia pada putaran kedua.

Baca juga: Kvitova menangi babak pertama tapi keluhkan laga tanpa penonton

Pliskova mengatakan ia masih membiasakan diri bermain di stadion yang kosong, karena para penonton belum dapat menyaksikan pertandingan untuk mematuhi protokol COVID-19.

"Saya merasa lebih baik dibanding pertandingan sebelumnya, pekan lalu," ucapnya mengacu pada kekalahannya di ajang pemanasan Western & Southern Open pekan lalu.

"Menurut saya lapangan tengah adalah tempat untuk bermain apapun yang terjadi. Maksud saya, meski tidak ada penonton, entah mengapa saya merasa tampil sedikit lebih baik," tambahnya.

Sementara itu unggulan keempat Naomi Osaka membuktikan kebugarannya dengan meraih kemenangan 6-2, 5-7, 6-2 atas petenis Jepang Misaki Doi.

Osaka mengundurkan diri dari final turnamen Western & Southern Open pekan lalu karena masalah pada hamstring, namun ia tidak terlihat diganggu cedera saat ia bermain tiga set selama lebih dari dua jam.

Baca juga: Osaka tak menyangka aksi protesnya tarik perhatian kalangan tenis

Osaka tiba di lapangan dengan mengenakan masker bertuliskan nama Breonna Taylor, perawat Afrika-Amerika yang ditembak oleh polisi AS di apartemennya di Kentucky pada Maret.

Kasus Taylor telah memicu aksi protes terhadap brutalitas polisi dan ketidakadilan rasial selama berbulan-bulan di AS, dan Osaka mengatakan ia berencana untuk mengenakan masker dengan nama-nama korban lain seiring berjalannya turnamen.

"Saya memiliki tujuh (masker) dan merupakan hal yang menyedihkan di mana tujuh (masker) itu tidak cukup untuk memuat nama-nama," kata Osaka.

"Mudah-mudahan saya akan melaju ke final dan Anda akan melihat (masker-masker itu) semuanya," tambah juara US Open 2018 itu.

Coco Gauff tersingkir

Harapan penggemar tenis untuk melihat Coco Gauff kembali menciptakan kejutan sirna, setelah ia kalah 6-3, 5-7, 6-4 dari petenis Latvia Anastasija Sevastova.

Petenis 16 tahun asal Florida itu menarik perhatian banyak orang di Wimbledon tahun lalu saat ia berhasil melaju ke putaran keempat sebagai petenis kualifikasi.

Namun kali ini ia tidak mampu memaksimalkan peluang-peluangnya saat bertemu unggulan ke-31 yang menjadi lawannya.

Baca juga: Wilander tentang Serena: Sekarang atau tidak sama sekali

Gauff mengatakan perkembangannya tahun ini terganggu oleh minimnya turnamen setelah musim ditangguhkan akibat pandemi COVID-19.

"Menurut saya, hal terbesar yang saya perlukan adalah pengalaman," tuturnya.

Di tempat lain, unggulan keenam Petra Kvitova melaju mulus dengan kemenangan 6-3, 6-2 atas petenis Romania Irina-Camelia Begu.

Unggulan ke-17 asal Jerman Angelique Kerber mengamankan tiketnya ke putaran kedua berkat kemenangan 6-4, 6-4 atas Ajla Tomljanovic asal Australia.

Baca juga: Serena siap memburu gelar Grand Slam ke-24
Baca juga: Meski banyak petenis menarik diri, US Open diyakini tetap bergengsi

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2020