Jakarta (ANTARA) - Salah satu cara untuk mengatasi permasalahan malnutrisi di Indonesia  adalah dengan menambah konsumsi susu.

Masyarakat Indonesia hanya mengkonsumsi sekitar 16,23kg susu/kapita/tahun pada tahun 2019, sedangkan menurut standar FAO (Food and Agriculture Organization), dibutuhkan lebih dari 30kg susu/kapita/tahun agar Indonesia dapat masuk ke dalam kategori menengah perihal konsumsi susu. Dengan kata lain, masih banyak masyarakat Indonesia yang belum bisa mengkonsumsi susu. Ahli gizi dr. Marya W Haryono, M.Gizi, SpGK mengatakan bahwa anak kisaran usia 6 hingga 12 tahun membutuhkan sumber nutrisi seimbang untuk mendukung periode tumbuh kembangnya menjadi remaja yang sehat, termasuk kalsium untuk kesehatan tulang.

"Berdasarkan Angka Kecukupan Gizi (AKG) 2019, diperlukan minimal kalsium sebanyak 1000-1200 mg perhari untuk anak usia 6 hingga 12 tahun. Salah satu sumber kalsium yang mudah diperoleh dan dikonsumsi adalah susu," ujar dr. Marya dalam peluncuran Susu Milku, Selasa.

Baca juga: Alasan susu segar harus langsung diminum

Baca juga: Pilih susu pasteurisasi, UHT, atau bubuk?


Susu mengandung komponen nutrisi protein, vitamin D, vitamin B, fosfor, kalium, vitamin A, dan mikronutrisi lainnya. Komponen nutrisi ini diperlukan untuk menjaga kesehatan tulang, otot serta daya tahan tubuh anak.

Salah satu penyebab kurangnya konsumsi susu pada masyarakat Indonesia adalah harganya yang relatif mahal, sehingga hanya sedikit keluarga yang memberikan susu untuk anak-anaknya.

Hal ini kemudian membuat Wings Food terpanggil untuk berinovasi dengan mengeluarkan susu Belgia berkualitas dengan harga terjangkau bernama Milku. Susu UHT ini mengandung lima vitamin dan empat mineral yang dibutuhkan oleh tubuh di mana tiap botolnya mengandung 25 persen kebutuhan kalsium harian.

Milku hadir dalam format botol PET berukuran 200ml dengan rasa cokelat dan stroberi. Tiap botol Milku dijual dengan harga Rp3000 yang diharapkan dapat menjangkau seluruh keluarga untuk dapat memenuhi kebutuhan akan susu pada anak-anak.

"Melalui susu UHT yang kaya akan nutrisi ini, kami berharap agar Milku dapat menawarkan cara yang mudah dan lezat kepada para orang tua untuk melengkapi nutrisi anak. Kami percaya bahwa kami dapat turut membantu menyediakan nutrisi baik dengan harga yang terjangkau," kata Marketing Manager, Preeti Chopra Bhatnagar.

Baca juga: Mana yang lebih baik, susu sapi atau almond?

Baca juga: 5 manfaat lain susu untuk kesehatan tubuh


Pewarta: Maria Cicilia
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2020