Bakar sampah picu kebakaran di Tanjung Barat

Bakar sampah picu kebakaran di Tanjung Barat

Kobaran api membumbung tinggi di tengah pemukiman warga di Jalan Swadaya II J, RT 001/RW005, Kelurahan Tanjung Barat, Jakarta Selatan akibat pembakaran sampah terjadi Selasa malam (1/9/2020) (ANTARA/HO-Damkar Jakarta Selatan)

Jakarta (ANTARA) - Aktivitas bakar sampah oleh warga di Jalan Swadaya II J, Kelurahan Tanjung Barat, Jakarta Selatan memicu kebakaran tumpukan kayu pada sebidang tanah di tengah permukiman padat, Selasa malam.

"Ada yang bakar sampah tapi tidak diawasi, jadi merambat ke tumpukan kayu," kata petugas pemadam kebakaran (Damkar) Sektor Pasar Minggu, Kota Jakarta Selatan, Moch Arief saat dihubungi di Jakarta.

Sebanyak tiga unit mobil pompa dan dua unit penunjang diturunkan ke lokasi dengan melibatkan 16 orang personel penanggulangan kebakaran dan penyelamatan Jakarta Selatan untuk melokalisir dan memadamkan kobaran api yang membentuk kembang api hingga membumbung setinggi kurang lebih dua meter.

Arief mengatakan api membakar tumpukan kayu yang berada di tanah milik Mpok Yati dengan luas 2x15 meter per segi. Tanah tersebut berada di tengah-tengah permukiman warga.

"Ada yang sedang membakar sampah ditinggal, lalu apinya membesar menyambar tumpukan kayu, sehingga semakin membesar, warga panik," kata Arief.

Warga setempat mencoba memadamkan kobaran api supaya tidak merambat ke rumah warga yang berada di sebelahnya.

Karena sulit mengendalikan api, warga lalu melaporkan kepada petugas Damkar sektor Pasar Minggu untuk meminta bantuan.

"Api berhasil dikendalikan pukul 19.00 WIB, tidak ada korban jiwa, api berhasil dicegah merambat ke permukiman warga," kata Arief.

Usai pemadaman, Arief mengimbau warga untuk meningkatkan kewaspadaan akan potensi kebakaran di tengah cuaca kemarau saat ini, terlebih saat membakar sampah agar diawasi hingga api pembakaran benar-benar padam.

Baca juga: Bakar sampah diduga penyebab kebakaran bengkel di Lenteng Agung

 
Pewarta : Laily Rahmawaty
Editor: Edy Sujatmiko
COPYRIGHT © ANTARA 2020