Jayapura (ANTARA) - Juru bicara Satgas COVID-19 Papua, dr Silwanus Sumule menyebutkan sejak 17 Maret hingga 2 September tercatat 3.160 pasien atau 84 persen terkonfirmasi positif terpapar COVID-19 dinyatakan sembuh setelah menjalani perawatan di sejumlah rumah sakit dan fasilitas kesehatan lainnya di wilayah paling timur ini.

Silwanus di Jayapura, Rabu, menjelaskan 3.160 pasien sembuh itu tersebar di 28 kabupaten dan satu kota di provinsi tersebut. Dia merincikan, pasien COVID-19 yang dinyatakan sembuh di Kota Jayapura setelah menjalani perawatan 1.863 orang dari 2.118 kasus. Kabupaten Mimika, pasien sembuh 651 orang dari 779 kasus corona.

Pasien terkonfirmasi COVID-19 di Kabupaten Jayapura yang dinyatakan sembuh setelah menjalani perawatan sebanyak 274 orang dari 320 kasus. Kabupaten Biak Numfor pasien corona sembuh 98 orang dari 140 kasus. Pasien COVID-19 sembuh di Kabupaten Nabire, 40 orang dari 75 kasus.

Baca juga: Pasien sembuh dari COVID-19 di Kota Madiun bertambah delapan orang

Di Kabupaten Keerom 62 pasien COVID-19 yang dinyatakan sembuh dari 67 kasus. Kabupaten Jayawijaya, pasien corona yang dinyatakan sembuh setelah menjalani perawatan 56 orang dari 60 kasus corona. Kabupaten Merauke, 34 pasien corona yang dinyatakan sembuh setelah menjalani perawatan dari 63 kasus.

Kabupaten Jayawijaya, 57 pasien corona yang dinyatakan sembuh setelah menjalani perawatan dari 60 kasus. Kabupaten Lanny Jaya, tujuh orang yang dinyatakan sembuh dari corona setelah menjalani perawatan, dari 27 kasus corona. Pasien terkonfirmasi positif corona di Kabupaten Kepulauan Yapen yang dinyatakan sembuh 23 orang dari 26 kasus corona. Di Kabupaten Tolikara, tujuh orang yang dinyatakan sembuh dari COVID-19 dari 24 kasus.

Kemudian, Kabupaten Boven Digoel, 17 orang dinyatakan sembuh dari corona setelah menjalani pengobatan dan perawatan, dari 20 kasus. Kabupaten Yalimo, tiga orang dinyatakan sembuh dari COVID-19 dari 15 kasus corona. Kabupaten Pegunungan Bintang, lima orang pasien corona yang dinyatakan sembuh setelah menjalani perawatan, dari delapan kasus.

Silwanus Sumule mengatakan, lima kabupaten di provinsi itu masuk zona hijau/bebas dari penyebaran corona yakni Kabupaten Sarmi, Supiori, Mamberamo Tengah, Waropen dan Kabupaten Puncak Jaya. Satgas COVID-19 Papua tujuh kasus COVID-19 di Kabupaten Sarmi namun semuanya dinyatakan sembuh setelah menjalani perawatan.

Baca juga: Pasien terkonfirmasi positif COVID-19 di Kota Jayapura bertambah 26

Tujuh pasien positif corona tercatat di Kabupaten Supiori namun telah menjalani perawatan dan semuanya dinyatakan sembuh. Lalu di Kabupaten Mamberamo Tengah (Mamteng) tiga orang yang positif COVID-19 namun setelah menjalani perawatan akhirnya tiga orang itu sembuh.

Kabupaten Waropen, satu orang yang dinyatakan terpapar corona namun sudah sembuh setelah menjalani perawatan dan pengobatan. Lalu, Kabupaten Puncak Jaya, juga satu orang pasien COVID-19 namun sudah sembuh setelah menjalani perawatan.

Berdasarkan data infografis perkembangan COVID-19 di provinsi paling timur itu, total pasien sembuh dari corona di seluruh kabupaten/kota di provinsi tersebut, sebanyak 3.160 orang atau 84 persen. Dari jumlah itu, 556 orang atau 15 persen di antaranya masih menjalani perawatan di sejumlah rumah sakit dan fasilitas kesehatan lainnya yang ada di wilayah tersebut.

Pasien meninggal di Papua akibat terpapar corona bertambah menjadi 45 orang dari sebelumnya 42 orang, sedangkan yang sudah kontak erat dengan keluarga yang terpapar corona 1.913 orang, kasus suspek 1026 kasus, probabel 25 orang, yang masih menjalani perawatan di rumah sakit masih tetap 45 orang.

Baca juga: Satu penumpang kapal laut tujuan Saumlaki positif COVID-19
Baca juga: Kejati Lampung tunggu hasil dugaan Kajari Pringsewu positif COVID-19
Baca juga: Kasus baru COVID-19 di DKI Jakarta bertambah 941

Pewarta: Musa Abubar
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2020