Ini dilaksanakan dalam rangka mengenalkan lingkungan kampus kepada mahasiswa baru
Jakarta (ANTARA) - IPB University menyelenggarakan serangkaian kegiatan Masa Pengenalan Kampus Mahasiswa Baru (MPKMB) secara daring yang dilaksanakan selama lima hari pada 1 hingga 5 September 2020.

“Ini dilaksanakan dalam rangka mengenalkan lingkungan kampus kepada mahasiswa baru,” kata Rektor IPB University Prof Dr Arif Satria dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Rabu.

Ia mengatakan kegiatan MPKMB tersebut penting untuk orientasi mahasiswa baru agar mereka dapat beradaptasi dengan lingkungan di kampus IPB University.

Baca juga: Presiden Jokowi ucapkan selamat Dies Natalis ke-57 IPB University

Menurutnya, mahasiswa ialah terminal akhir dalam pembentukan karakter sehingga masa setelah itu akan sulit untuk melakukan perubahan.

Oleh sebab itu, melalui kegiatan pengenalan kampus itu diharapkan mahasiswa baru dapat memanfaatkan momentum masa orientasi semaksimal mungkin.

Tidak hanya mengajak para mahasiswa agar berorientasi untuk masa depan, ia juga mengimbau supaya mereka dapat lebih responsif terhadap perubahan yang sedang terjadi.

Baca juga: Inovasi gelatin ikan IPB University solusi jaminan produk halal

“Hal ini dimaksudkan agar para mahasiswa bisa sukses di masa mendatang,” ujarnya.

Secara umum, ia mengucapkan selamat datang dan bergabung bagi mahasiswa baru IPB University tahun akademik 2020/2021 serta diharapkan dapat menjalankan tugas-tugas sebagaimana mestinya seorang mahasiswa.

Sementara itu, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nadiem Anwar Makarim dalam sambutannya turut menyambut kehadiran mahasiswa baru di IPB University.

Baca juga: Profesor IPB University: Teknik Guludan efektif rehabilitasi mangrove

Nadiem menjelaskan tentang Merdeka Belajar di mana konsep tersebut memberikan kebebasan bagi mahasiswa untuk berkarya dan berinovasi.

“Sekarang mahasiswa tidak hanya fokus pada kuliah di kelas, namun dapat belajar melalui kegiatan pengabdian masyarakat, magang maupun menghasilkan karya-karyanya sendiri,” katanya.

Berbeda dari tahun sebelumnya, seluruh kegiatan MPKMB pada 2020 dilakukan secara daring. Meskipun demikian, kegiatan tersebut diharapkan tetap dapat memberikan pencerahan tentang gaya hidup di kampus IPB University.

Baca juga: Peneliti IPB ingatkan tidak semua tanaman obat aman dikonsumsi

Pewarta: Muhammad Zulfikar
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2020