Depok (ANTARA) - Dua mahasiswa Universitas Indonesia (UI) Dizza Aliftsa Agus dan Jean Nursyahbani Ninkeula mengajukan gagasan kreatif sebagai persyaratan dalam ajang Pemilihan Mahasiswa Berprestasi Tingkat Nasional (Pilmapres) Tahun 2020.

"Indonesia memiliki kekayaan sumber daya genetik yang sangat berlimpah. Ribuan spesies tanaman, baik itu tanaman pangan, tanaman obat, banyak sekali yang bisa kita eksplorasi. Lebih lanjut, bahasa, tarian, senjata, dan ragam budaya Indonesia juga sangat kaya," kata Dizza dalam keterangannya, Rabu.

Dizza, mahasiswa program studi Hubungan Internasional Program Sarjana Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP UI), Mahasiswa Berprestasi Utama UI jenjang sarjana, mengajukan sebuah gagasan bertajuk “INDI-SDG: Inventarisasi Digital Sumber Daya Genetik dan Pengetahuan Tradisional”.

Sedangkan Jean, mahasiswa program studi Administrasi Perkantoran Program Vokasi, selaku Mahasiswa Berprestasi Utama jenjang diploma, menyampaikan ide tentang “SI AKSI: Solusi Sederhana dalam Mengatasi Bencana Banjir”. Dizza dan Jean adalah dua diantara 646 mahasiswa asal perguruan tinggi se-Indonesia yang berhak melaju ke ajang Pilmapres 2020.

Baca juga: UI-BPK kerja sama perkuat sinergitas dan koordinasi

Baca juga: Kampus UI Depok uji coba aspal berbahan sampah plastik multilayer


Dizza mengajukan gagasan platform inventarisasi digital bagi kekayaan sumber daya genetik dan pengetahuan tradisional di Indonesia. Melalui idenya tersebut, Dizza berharap agar kekayaan Indonesia ini mendapatkan perlindungan dan tercatat secara digital sehingga menghindari pemanfaatan tidak sah dan pematenan oleh pihak asing.

Dizza memaparkan mengatasi masalah tersebut, kekayaan harus dicatat dan disediakan pada domain publik, seperti melalui crowdsourcing pada suatu platform inventarisasi. Platform yang saya gagas ini juga mampu merealisasikan potensi ekonomi serta memberdayakan masyarakat adat sebagai kustodian dari kekayaan sumber daya genetik dan pengetahuan tradisional.

Sesuai dengan pilar-pilar pada Konvensi Keanekaragaman Hayati dan Protokol Nagoya, dua perjanjian internasional yang mengatur pemanfaatan dan perlindungan kekayaan sumber daya genetik dan pengetahuan tradisional.”

Sementara itu, melalui gagasan SI AKSI, Jean menyajikan gagasan terintegrasi yang menyinergikan produk, program dan aplikasi sebagai solusi untuk mengatasi bencana banjir.

Produk yang dibuat adalah sebuah prototipe maket tiga dimensi (3D) tentang manajemen bencana yang ditujukan untuk memberikan sosialisasi dan menambah edukasi kepada anak-anak yang tinggal di daerah rawan bencana.
Mahasiswa Universitas Indonesia (UI) Jean Nursyahbani Ninkeula (ANTARA/Foto: humas UI)


Maket dibuat sedemikian rupa sehingga dapat menarik minat anak-anak yang berkisar pada usia di atas 9 tahun untuk mengetahui cara dan upaya mencegah banjir maupun menghadapi banjir.

"Indonesia menjadi daerah yang rawan bencana dan dapat datang kapan saja. Banyak sekali anak-anak yang minim edukasi informasi tentang manajemen bencana baik mitigasi maupun yang lainnya. Harapan saya dengan adanya produk ini, anak-anak semakin teredukasi akan bagaimana menghadapi bencana yang dapat datang kapan saja," ujar Jean.

Lebih lanjut, Jean juga merancang pembuatan aplikasi bernama "Si Aksi Digital App" yang merupakan aplikasi berbasis digital bagi para shareholder atau relawan yang ingin memberikan bantuan agar tepat sasaran kepada masyarakat yang terkena bencana.

Melalui gagasan tersebut, Jean berharap dapat memberikan solusi dan informasi yang tepat untuk menghadapi bencana yang akan siap datang kapan saja dan dapat berguna bagi masyarakat luas.

Wakil Rektor UI bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Prof. Dr. rer.nat. Rosari Saleh mengapresiasi Dizza dan Jean yang telah berupaya keras hingga sampai pada tahap ini.

Ia menuturkan gagasan kreatif yang diajukan Dizza dan Jean berangkat dari permasalahan nyata di lapangan untuk kemudian dicarikan solusi.

Makalah yang diajukan oleh kedua mahasiswa UI tidak hanya sekadar paper biasa, namun mampu melatih kecermatan dan kepedulian akan lingkungan sekitarnya, serta menstimulus pemikiran kritis dan inovatif. Hal tersebut merupakan salah satu modal dasar menjadi SDM yang berintelektual tinggi, berbudi luhur dan mampu bersaing secara global.

Babak final penentuan Pilmapres 2020 akan berlangsung pada 10 – 12 September 2020. Ajang Mahasiswa Berprestasi merupakan ajang yang dilaksanakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI melalui Pusat Prestasi Nasional.*

Baca juga: Pimpinan dan warga kampus UI membaca puisi kemerdekaan secara daring

Baca juga: Akademisi UI peroleh bintang tanda jasa dan kehormatan dari negara

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2020