Jakarta (ANTARA) - Berbagai berita ekonomi disiarkan Kantor Berita Antara pada Rabu (2/9), dari Royke Tumilaar yang ditunjuk menjadi Direktur Utama PT Bank Negara Indonesia (BNI) Persero Tbk, hingga Ketua Pelaksana Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional Erick Thohir yang berharap Anggota Kamar Dagang dan Industri (Kadin) melaksanakan vaksin COVID-19 secara mandiri.

Berikut berita ekonomi yang masih menarik untuk dibaca pada Kamis (03/9) ini :


1. Dari Bank Mandiri, Royke Tumilaar kini resmi jadi Dirut BNI

Jakarta (ANTARA) - Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk di Jakarta, Rabu, memutuskan perubahan pengurus perseroan salah satunya mengangkat Royke Tumilaar. yang sebelumnya merupakan Direktur Utama PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. menjadi Direktur Utama BNI.

Beberapa jajaran manajemen senior Bank Mandiri juga dipercaya mengisi jabatan di BNI. Adapun nama-nama tersebut adalah mantan Direktur Keuangan dan Strategi Bank Mandiri Silvano Rumantir, mantan Senior Executive Vice President Wholesale Risk Bank Mandiri David Pirzada, mantan Senior Vice President SME Banking Muhammad Iqbal, dan mantan Senior Vice President Strategy & Performance Management Bank Mandiri Novita Widya Anggraini.

Baca selengkapnya di sini


2. Sri Mulyani perkirakan pertumbuhan ekonomi kuartal III masih negatif

Jakarta (ANTARA) - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati memprediksikan pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal III tahun ini mengalami kontraksi dan kuartal IV berada sedikit di bawah zona netral.

“Prediksi kita menunjukkan di kuartal III kita mungkin masih mengalami negatif growth dan bahkan mungkin kuartal IV juga masih dalam zona sedikit di bawah netral,” kata Sri Mulyani dalam Raker bersama Komisi XI DPR RI di Jakarta, Rabu.

Baca selengkapnya di sini


3. BI perkirakan mulai Oktober hingga akhir tahun inflasi kembali naik

Bank Indonesia (BI) memperkirakan pergerakan harga konsumen akan mengalami inflasi pada awal kuartal IV 2020, dan kenaikan harga akan berlanjut menyusul momentum konsumsi tinggi menjelang liburan keagamaan pada Desember 2020 dan Tahun Baru 2021.

“Kita lihat dari (survei) pedagang pasar atau eceran. Jadi harga itu mulai naik di Oktober, November, hingga 2021, karena musim hujan dan ada faktor suplai,” kata Deputi Gubernur BI Dody Budi Waluyo dalam rapat dengan Komisi XI DPR di Jakarta, Rabu

Baca selengkapnya di sini


4. OJK: Restrukturisasi kredit ada peningkatan meski tak begitu besar

Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso menyebutkan perbankan telah melakukan restrukturisasi kredit untuk 7,18 juta debitur dengan total outstanding mencapai Rp857 triliun per 18 Agustus 2020.

Wimboh menyatakan dari jumlah tersebut outstanding restrukturisasi UMKM sebesar Rp354,26 triliun berasal dari 5,76 juta debitur dan non-UMKM Rp502,74 triliun berasal dari 1,42 juta debitur.

Baca selengkapnya di sini


5. Erick berharap anggota Kadin laksanakan vaksin COVID-19 mandiri

Jakarta (ANTARA) - Ketua Pelaksana Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional Erick Thohir mengharapkan anggota Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia melaksanakan vaksin COVID-19 secara mandiri.

"Vaksin ini ada dua tipe, ada vaksin bantuan pemerintah data BPJS Kesehatan dan vaksin mandiri. Program vaksin mandiri kita harap anggota Kadin dapat mandiri, tidak perlu meminta subsidi," ujar Erick Thohir yang juga Menteri BUMN usai melakukan pertemuan dengan Kadin mengenai "Pengawasan Distribusi Subsidi Gaji" di Jakarta, Rabu.

Baca selengkapnya di sini

Pewarta: Indra Arief Pribadi
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2020