Tiga pasangan calon konfirmasi siap daftar Pilgub Sumbar

Tiga pasangan calon konfirmasi siap daftar Pilgub Sumbar

Komisioner KPU Sumatera Barat Gebril Daulay (ANTARA/ Mario Sofia Nasuiton)

Padang, (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum Sumatera Barat menyebutkan sebanyak tiga pasangan calon mengonfirmasi kehadiran mereka ke kantor KPU dalam masa pendaftaran calon kepala daerah pada Pilgub Sumbar 2020.

Komisioner KPU Sumbar Gebril Daulay di Padang, Kamis mengatakan sampai saat ini berdasarkan informasi “help desk” KPU Sumbar, sudah sebanyak tiga pasangan calon yang bakal mendaftar.

Pada hari pertama akan hadir pasangan yang didukung PKS dan PPP, Mahyeldi-Audy Joinaldy pada Jumat (4/9). Kemudian pada hari ke dua, Sabtu (5/9) akan hadir pasangan yang didukung Partai Demokrat, PAN, dan PDIP, Mulyadi-Ali Mukhni.

Baca juga: KPU Sumbar buka pendaftaran calon kepala daerah pada 4 September

Sementara pasangan ketiga yang diusung Partai Gerindra, Nasrul Abit-Indra Catri mengkonfirmasi hadir pada hari terakhir, Minggu (6/9)

"Semua bakal pasangan calon sudah mengkonfirmasi untuk hadir, ada yang hadir hari pertama, hari kedua dan ketiga, tetapi tentunya kita akan lihat pada tanggal 4,5, dan 6 September 2020 itu siapa yang hadir, itu kan baru hasil komunikasi dan koordinasi partai politik dengan KPU," katanya.

Saat pendaftaran dilakukan dengan protokol kesehatan yaitu pakai masker, jaga jarak, dan cuci tangan. Semua pasangan calon yang hadir juga harus bebas dari COVID-19 ditunjukkan dengan surat keterangan yang berwenang.

KPU Sumbar sendiri melakukan tahapan pembukaan pendaftaran selama tiga hari, yaitu sejak Jumat (4/9) sampai Minggu (6/9). Pendaftaran dibuka sejak pukul 08:00 WIB dan tutup pada pukul 16:00 WIB, sementara pada hari terakhir akan dibuka sampai pukul 24:00 WIB.

"Kita sudah menyiapkan lokasi di aula utama gedung dan juga di luar, dan semua protokol kesehatan akan kita terapkan saat pendaftaran," katanya.

Baca juga: KPU Sumbar: Empat pasangan perseorangan lolos verifikasi faktual
Baca juga: KPU Sumbar larang pasangan calon daftarkan diri dengan arak-arakan

Pewarta : Mario Sofia Nasution
Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2020