Tadi Bupati menyampaikan bahwa pertumbuhan ekonomi di Belitung positif, di antara beberapa wilayah di Indonesia memang ada yang positif seperti Papua dan Jawa Barat.
Belitung,Babel (ANTARA) -
Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) / Kepala Bappenas RI Suharso Monoarfa mengapresiasi pertumbuhan ekonomi Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, yang menunjukkan tren positif di tengah pandemi COVID-19.

"Tadi Bupati menyampaikan bahwa pertumbuhan ekonomi di Belitung positif, di antara beberapa wilayah di Indonesia memang ada yang positif seperti Papua dan Jawa Barat," katanya di Tanjung Pandan, Belitung, Jumat.

Menurut dia, selain pertumbuhan ekonomi yang menunjukkan tren positif di tengah pandemi COVID-19, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung juga tidak mengalami kontraksi ekonomi.

"PDRB Bangka Belitung pada kali ini memberikan kontribusi 0,47 persen terhadap PDRB nasional dan 2,4 persen terhadap PDRB Sumatera," ujarnya.

Baca juga: Menteri PPN resmikan Galeri Budaya Cinta Alam Belitung

Ia mengatakan hal ini tidak terlepas dari sektor pariwisata yang telah memberikan andil dalam perekonomian di daerah meskipun banyak sektor lain seperti pertambangan dan perikanan.

"Namun saya kira "game changer" Provinsi Bangka Belitung ini adalah pariwisata karena pariwisata memberikan peluang yang besar," katanya.

Baca juga: Menteri PPN sarankan Belitung terapkan pariwisata berbasis kualitas

Untuk itu, ia mengharapkan Belitung dapat mempersiapkan diri sebaik mungkin dalam menyambut kembali datangnya wisatawan ke daerah itu seiring pulihnya kondisi kepariwisataan nasional.

"Karena devisa pariwisata saat ini anjlok sekali biasanya sekitar 18 miliar dolar AS, separuhnya dari Bali kalau 2 miliar dolar itu dari Belitung pasti bahagia masyarakatnya maka itu harus dipikirkan oleh semua pihak," ujarnya.

Pewarta: Kasmono
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2020