Brazil catat 14.521 kasus tambahan COVID-19

Brazil catat 14.521 kasus tambahan COVID-19

Seorang pria berlari melewati ratusan makam yang digali oleh aktivis LSM Rio de Paz di pantai Copacabana, yang menyimbolkan warga yang meninggal dunia akibat penyakit virus corona (COVID-19), di Rio de Janeiro, Brazil, Kamis (11/6/2020). (REUTERS/Pilar Olivares/aww/cfo)

Brasilia (ANTARA) - Brazil mencatat 14.521 kasus tambahan dan 447 kematian COVID-19 dalam 24 jam terakhir, demikian Kementerian Kesehatan pada Minggu.

Kasus COVID-19 di Brazil kini mencapai 4,14 juta sejak pandemi melanda, sementara jumlah kumulatif kematian sebanyak 126.650, menurut data kementerian.

Brazil menjadi negara dengan kasus dan kematian COVID-19 tertinggi kedua di dunia. Sementara itu, India, yang kini melaporkan 4,1 juta kasus, mengonfirmasi 90.632 kasus baru COVID-19 pada Minggu. Kondisi di India tidak menutup kemungkinan untuk menggeser posisi Brazil.

Presiden Jair Bolsonaro sering berselisih paham dengan para pejabat dan pakar kesehatan dalam kiat menangani penyebaran pandemi. 

Selama pandemi, Bolsonaro ditinggalkan dua menteri kesehatannya dan memilih menteri kesehatan yang ketiga dari kalangan militer.

Dalam beberapa kesempatan Bolsonaro ikut ambil bagian dalam demo yang diselenggarakan oleh pengikutnya dan mengatakan bahwa penutupan wilayah dalam menghadapi corona justru semakin membunuh warga Brazil. 

Bolsonaro sempat tak mengenakan masker di tempat umum sehingga jaksa agung di Brazil memperingatkannya.

Sumber: Reuters

Baca juga: Kasus corona di Brazil tembus angka 4 juta
Baca juga: Setelah berbulan-bulan, ada tanda-tanda COVID-19 mereda di Brazil
Baca juga: Presiden Brazil: Warga tak akan dipaksa disuntik vaksin corona
Pewarta : Asri Mayang Sari
Editor: Mulyo Sunyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2020