Kemarin, petugas tertibkan massa pilkada hingga Gus Ipul santuni yatim

Kemarin, petugas tertibkan massa pilkada hingga Gus Ipul santuni yatim

Ilustrasi pendaftaran Pilkada 2020. Foto menunjukkan bakal calon wali kota Pasuruan, Gus Ipul, saat mengayuh becak menuju Kantor KPU setempat untuk mengikuti proses pendaftaran, Minggu (06/09/2020). ANTARA/HO-Istimewa

Jakarta (ANTARA) - Ragam berita politik di Tanah Air pada Minggu (6/9) menarik dibaca kembali untuk mengawali informasi Anda pada pekan ini, di antaranya:


1. Kemendagri minta aparat tertibkan massa pendaftaran Pilkada 2020
Direktur Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum Kementerian Dalam Negeri, Bahtiar, meminta aparat penegak hukum menertibkan kerumunan massa saat pendaftaran peserta Pilkada 2020.

"Menteri dalam negeri sudah mengimbau agar pada saat pendaftaran bakal pasangan calon kepala daerah untuk Pilkada 2020 cukup perwakilan partai politik dan petugas administrasi pendaftaran saja. Akan tetapi, ternyata masih banyak yang membawa massa pendukung dalam jumlah besar," kata Bahtiar, dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Minggu.

Baca selengkapnya

2. Pasangan Udin-Undunsyah daftar Pilgub Kaltara
Pasangan bakal calon gubernur-wakil gubernur Kalimantan Utara, Udin Hiangio-Undunsyah, mendaftar menjadi peserta pemilihan gubernur ke KPU Kalimantan Utara, di Tanjung Selor, Minggu.

Pasangan Udin - Undunsyah saat daftar diusung Partai Hati Nurani Rakyat dan PKB.

Baca selengkapnya

3. Mantan anggota DPR maju Pilkada Padang Pariaman
Mantan anggota DPR dari Partai PKS daerah pemilihan Sumatera Barat II, Reflizal, maju pada Pilkada di Padang Pariaman, berpasangan dengan Heppy Neldi yang merupakan ketua Fraksi Gerindra di DPRD setempat.

"Saya diminta oleh Gerindra dan PKS untuk maju pada Pilkada Padang Pariaman," kata Reflizal usai mendaftar di KPU Padang Pariaman untuk maju Pilkada setempat di Parit Malintang, Minggu.

Baca selengkapnya

4. Anak Yusril Ihza Mahendra maju di Pilkada Belitung Timur
Anak Ketua Umum DPP PBB, Yusril Ihza Mahendra, yaitu Yuri Kemal Fadlullah, maju menjadi bakal calon peserta Pilkada Belitung Timur.

"Kami diusung tujuh partai politik peraih kursi di DPRD Belitung Timur, termasuk koalisi besar untuk memenangkan pertarungan politik dalam Pilkada 2020," ujar Ketua Tim Pemenangan pasangan Yuri Kemal Fadlullah-Nurdiansyah, Fezzi Uktolseja, di Manggar, Bangka Belitung, Minggu.

Baca selengkapnya

5. Sebelum daftar, Gus Ipul-Mas Adi santuni anak yatim
Pasangan Saifullah Yusuf-Adi Wibowo (Gus Ipul-Mas Adi) menyantuni anak yatim sebelum mendaftar sebagai peserta Pemilihan Kepala Daerah ke Komisi Pemilihan Umum Kota Pasuruan, Minggu.

Pasangan Gus Ipul-Mas Adi diusung koalisi partai politik, yakni PKB (delapan kursi), Golkar (tujuh kursi), PKS (tiga kursi), PAN (dua kursi), PPP (satu kursi) serta Partai Gelora (partai baru).

Baca selengkapnya

Pewarta : Abdu Faisal
Editor: Ade P Marboen
COPYRIGHT © ANTARA 2020