Pilkada Banjarmasin resmi diikuti empat pasang bakal calon

Pilkada Banjarmasin resmi diikuti empat pasang bakal calon

Pasangan H Haris Makkie dan Ilham Noor saat mendaftar ke KPU Kota Banjarmasin. ANTARA/Sukarli/am.

Banjarmasin (ANTARA) - Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Banjarmasin 2020 bakal diikuti empat pasangan calon setelah KPU setempat menutup pendaftaran peserta pilkada pada hari Minggu (6/9) pukul 24.00.

Ketua KPU Kota Banjarmasin Rahmiyati Wahdah di Banjarmasin, Senin, menyebutkan mereka memenuhi syarat pendaftaran.

Selanjutnya, berkas empat pasangan tersebut diverifikasi administrasi untuk ditetapkan menjadi peserta pilkada pada tanggal 20 September 2020.

"Saat ini disyaratkan juga para pasangan bakal calon mengikuti tes kesehatan di RSUD Ulin Banjarmasin," tuturnya.

Baca juga: Eri-Armuji dan Machfud-Mujiaman jalani "swab test" di RSUD Soetomo

Mereka yang mengikuti tes kesehatan itu, tiga di antaranya diusung partai politik dan satu pasangan yang maju lewat jalur perseorangan, yakni H. Khairul Saleh dan Habib Muhammad Ali Alhabsy (Khairul-Habib Ali).

Khairul Saleh adalah mantan Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Banjarmasin, sedangkan Habib Muhammad Ali Alhabsy adalah Ketua Rabithah Alawiyah Kota Banjarmasin.

Pasangan yang diusung partai politik, yakni H. Ibnu Sina-H Arifin Noor (Ibnu-Arifin). Ibnu Sina merupakan Wali Kota Banjarmasin periode 20162021, sedangkan Arifin Noor adalah mantan Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Banjarmasin.

Pasangan ini diusung Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Demokrat, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), dan partai nonparlemen, yakni Partai Solidaritas Indonesia (PSI). Pasangan ini paling awal mendaftar, yakni pada hari Jumat (4/9).

Baca juga: KPU Gowa dan Soppeng perpanjang masa pendaftaran peserta Pilkada 2020

Baca juga: Perludem desak penundaan Pilkada 2020 jika berpotensi klaster COVID-19

Selanjutnya, pasangan H. Haris Makkie (mantan Sekdaprov Kalsel dan Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama Kalsel) yang berpasangan dengan Ilham Noor yang merupakan Sekretaris DPD Partai Gerindra Kalsel (Haris-Ilham).

Pasangan ini diusung Partai Gerindra, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Bulan Bintang (PBB), dan partai nonparlemen, yakni Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura). Pasangan ini mendaftar ke KPU pada hari Jumat (4/9).

Terakhir adalah pasangan Hj. Ananda (Wakil Ketua DPRD Kota Banjarmasin dari Fraksi Partai Golkar) yang berpasangan dengan H. Mushaffa Zakir, Lc. yang juga anggota DPRD Kota Banjarmasin dari Fraksi PKS (Ananda-Mushaffa).

Pasangan yang mendaftar ke KPU pada hari Sabtu (5/9) tersebut diusung Partai Golkar, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Nasional Demokrat (NasDem), dan partai nonparlemen, Perindo dan PKPI.

Pewarta : Sukarli
Editor: D.Dj. Kliwantoro
COPYRIGHT © ANTARA 2020