Jakarta (ANTARA/JACX) - Foto tokoh Rocky Gerung yang memakai peci dan mengalungkan sarung saat berbicara di atas podium beredar di media sosial.

Foto itu menjadi perbincangan warganet di media sosial. Sejumlah warganet menyebut Rocky telah pindah agama dan memeluk Islam, bahkan ada juga yang menyebutnya telah menjadi ustaz.

"Ustad Google," kata salah satu akun pengguna Facebook pada 4 September 2020.

"Apa Mungkin Karena Dibilang Gak Jelas.
Tanpa Ngaji, Tanpa Mondok dan Langsung Mendadak Disebut Ustaz.. Bakal Ambyaaarrr Negeri Tercinta ini Gaeees
Diisi Oleh Athaeis Muallaf Mendadak Ustad,"
demikian komentar akun tersebut.

Namun, benarkah Rocky Gerung telah pindah agama dan menjadi ustaz?
 
Tangkapan layar di media sosial yang menyatakan Rocky Gerung menjadi ustaz. (Facebook)


Penjelasan:

Berdasarkan penelusuran ANTARA, foto yang tersebar itu merupakan foto asli. Namun, Rocky tidak berpindah agama atau pun menjadi ustaz. 

Mengutip video bertajuk "KAMPUS BESAR OTAK KECIL" yang diunggah akun resmi Rocky Gerung di Youtube, pria berusia 61 tahun itu mengatakan foto yang tersebar itu adalah momen ketika dia memberikan kuliah ilmiah di hadapan para wisudawan UIN Banten.

Rektor UIN Banten Fauzul Iman menawarkan peci dan sarung kepada Rocky Gerung agar dipakai sebelum naik podium dan memberikan kuliah ilmiah.

Rocky mengatakan peci yang dia kenakan adalah simbol budaya banten, begitu pun dengan kain sarung yang dia kalungkan. Menurutnya, itu adalah simbol kebudayaan Badui.

"Etnis Badui yang bikin kain selendang itu. Jadi, terlihat ada situasi multikultural di situ, ada norma akademis karena argumen, ada simbol Islam karena itu kompleks UIN. Saya pakai peci di situ dan ada fasilitas kebudayaan di situ karena wilayah adat Badui, jadi saya pakai di situ," kara Rocky dalam video yang diunggah pada 2 September 2020.

Dia menyebut UIN Banten adalah kampus yang mengerti arti toleransi, bukan hanya agama melainkan juga toleransi sosial.
 
Gambar potongan video "Kampus Besar Otak Kecil" yang diunggah oleh akun Youtube Rocky Gerung. (Youtube/Rocky Gerung Official)


Klaim  : Rocky Gerung disebut mualaf karena gunakan peci dan sarung
Rating : Salah/Disinformasi

Cek fakta: Progesterex adalah obat untuk mensterilkan perempuan?

Cek fakta: Pertamina akan hapus Premium dan Pertalite? Ini penjelasannya



 

Pewarta: Tim JACX
Editor: Imam Santoso
Copyright © ANTARA 2020