Jakarta (ANTARA) - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) berharap peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) tahun ini menjadi momentum kebangkitan prestasi olahraga nasional di tingkat dunia, meski adanya pandemi COVID-19 membuat geliat aktivitas olahraga menjadi terbatas.

"Kita harapkan dan harus optimis Haornas tahun ini awal kebangkitan olahraga prestasi di tingkat internasional. Walaupun memang dengan adanya pandemi ini seluruh kegiatan terkendala dan terbatas," ujar Sekretaris Jenderal KONI Pusat Ade Lukman kepada ANTARA, Senin.

"Tapi semangat para atlet dan seluruh pelaku olahraga diharapkan tidak menurun bahkan semakin optimis dan semangat untuk menghadapi multievent yang semuanya akan diadakan di 2021," kata dia menambahkan.

Baca juga: Kompetisi esport sampai diskusi sains sambut HAORNAS 2020

Peringatan Haornas tahun ini memang harus dilalui dengan berat. Pandemi COVID-19 yang melanda seluruh dunia, khususnya di Indonesia, membuat sejumlah event tingkat nasional dan internasional harus ditunda. Praktis, setiap cabang olahraga berupaya bertahan agar mereka tak kalah oleh kondisi.

Para pengurus besar cabang olahraga kemudian tak kehilangan akal, mereka tetap mewajibkan para atlet berlatih secara mandiri, tentunya dengan supervisi dari masing-masing pelatih. Langkah ini menegaskan meski dunia olahraga terhenti akibat pandemi, namun semangat meningkatkan kemampuan diri tetap berkobar di benak para atlet dan cabang olahraga.

"Latihan mandiri ini dapat dilakukan juga supervisi oleh pelatih-pelatih baik itu secara virtual. Jangan pandemi ini dijadikan kendala tapi mencari solusi terbaik dan juga menyiapkan program pelatihan yang sudah disiapkan masing-masing PB," kata Ade.

Baca juga: Menpora sebut Haornas momen tingkatkan kebugaran di tengah pandemi
Baca juga: Haornas bukan hanya seremoni, tapi momentum bangun semangat olah raga


Di sisi lain, sejumlah cabang olahraga juga telah mengadakan turnamen meski digelar secara virtual; panahan, menembak, e-sports, hingga panjat tebing. Ketiadaan turnamen secara langsung menjadi titik mula penerapan Sport Science di bidang olahraga sesuai dengan tema besar HAORNAS tahun ini yang dicanangkan Kemenpora.

KONI mengapresiasi upaya kreatif dari cabang olahraga tersebut untuk menggeliatkan keolahragaan nasional di tengah pandemi. Ia berharap cabang-cabang lain bisa menggelar turnamen serupa agar proses pembinaan serta peningkatan prestasi olahraga tetap berjalan.

"(turnamen virtual) Itu memang langkah positif, di masa pandemi kegiatan olahraga bisa dilangsungkan. KONI memberikan apresiasi terhadap cabor yang menjalankan kompetisi meskipun secara virtual dan ini juga harus digalakkan selama masa pandemi ini dilakukan secara virtual," katanya.

"Momentum Haornas, mari jadikan sebagai awal untuk semua cabor memberikan prestasi yang terbaik buat indonesia dengan mengharumkan nama bangsa di internasional. Semangat kebersamaan ini bisa membawa kita ke tempat terhormat," ujarnya menambahkan.

Baca juga: Jelang Haornas, Kemenpora dorong penerapan sport science di Tanah Air
Baca juga: Rangkaian turnamen esports jadi bagian Road to Haornas 2020

 

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2020